Perbedaan Tugas Mandiri Terstruktur dan Tidak Terstruktur

Perbedaan Tugas Mandiri Terstruktur dan Tugas Mandiri Tidak Terstruktur - Kurikulum tingkat satuan pendidikan mengangkat kaerifan lokal potensi daerah masing-masing setiap daerah sehingga pendidikan lebih fleksibel sesuai dengan potensi daerah yang ada.

Sudah kita ketahui bersama bahwa menurut UU Nomor 20 Tahun 2003 yang dinamakan Kurikulum merupakan seperangkat rencana dan sebuah pengaturan berkaitan dengan tujuan, isi, bahan ajar dan cara yang digunakan sebagai pedoman dalam penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai sebuah tujuan pendidikan nasional.

Orang tua dan masyarakat sudah tidak aneh jika mendengar anaknya mendapat pekerjaan rumah PR setelah sepulang dari sekolah. hal tersebut termasuk dalam kategori pemberian tugas kepada siswa/peserta didik dalam rangka pemberian tanggung jawab kepada peserta didik.

Tugas mandiri terstrukstur dan dan tugas tidak terstruktur kadangkala masih susah untuk membedakan kedua hal tersebut. Untuk mempermudah memahami kedua hal tersebut, pertama bisa dilihat dari pengertian.

Perbedaan Tugas Mandiri Terstruktur dan Tidak Terstruktur


Pengertian Tugas Mandiri Terstruktur dan Tidak Terstruktur

Tugas Terstruktur

Tugas terstruktur adalah tugas yang diberikan oleh pendidik/guru kepada peserta didik dengan rentan waktu penyelesaian dibatasi dari segi waktu pengerjaannya. sebagai contohnya seorang guru matematika memberikan PR kepada siswa untuk mengerjakan 3 soal dan dikumpulkan pada minggu atau pertemuan berikutnya. tugas terstruktur ini bisa dijadikan oleh guru untuk mengukur seberapa besar penyerapan pemahaman peserta didik dalam memahami sesuai dengan pembahasan dan atau indikator pembelajaran yang telah disampaikan.

Tugas terstruktur seperti dijelaskan diatas seringkali diberikan oleh guru/pendidik kepada siswa seusai melaksanakan serangkaian proses pembelajaran tatap muka dikelas.

Tugas Tidak Terstruktur   

Secara pengertian tugas tidak terstruktur hampir sama dengan tugas terstruktur yakni tugas yang diberikan oleh pendidik/guru kepada siswa dengan rentang waktu yang diberikan dibatasi, namun relatif lebih lama misal dalam satu atau dua bulan lamanya waktu yang diberikan namun jika pada rentang waktu yang diberikan peserta didik sudah selesai bisa menyerahkan hasil dari pekerjaannya.

Tugas terstruktur biasanya tidak begitu sering diberikan kepada peserta didik mengingat jeda waktu pengerjaannya relatif lama. Contohnya, peserta didik diberi tugas untuk membaca sebuah buku minimal 1 judul buku dalam satu semester, siapa yang sudah membaca secara keseluruhan bisa datang secara langsung untuk memberikan laporannya. 

Belum ada Komentar untuk "Perbedaan Tugas Mandiri Terstruktur dan Tidak Terstruktur"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel