Download Buku Penilaian Formatif Pembelajaran Abad 21
Penilaian formatif pada pembelajaran abad 21 untuk sekolah dasar - Buku penilaian formatif disusun oleh tim pusat penilaian pendidikan sebagai penaggung jawabnya Moch Abduh sebagai Kepala Pusat Penilaian Pendidikan kementerian pendidikan dan kebudayaan.
Pengertian Pembelajaran abad ke-21 adalah proses belajar mengajar yang berpusat pada peserta didik dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi dengan multi sumber yang menempatkan peserta didik berperan aktif dalam pemerolehan kompetensi (sikap, pengetahuan, dan keterampilan) dan kecakapan abad ke-21 serta literasi.
Pengertian Pembelajaran abad ke-21 adalah proses belajar mengajar yang berpusat pada peserta didik dengan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi dengan multi sumber yang menempatkan peserta didik berperan aktif dalam pemerolehan kompetensi (sikap, pengetahuan, dan keterampilan) dan kecakapan abad ke-21 serta literasi.
Prinsip - prinsip
Hampson, Patton, dan Shanks, menyebutkan 10 prinsip utama pembelajaran abad ke 21:- Pembelajaran tidak secara kaku dibatasi oleh waktu yang dirancang dalam RPP. Apabila ternyata waktu yang diperlukan peserta didik menguasai kompetensi lebih lama, waktu bisa ditambah dan sebaliknya.
- Pembelajaran tidak terbatas berlangsung di dalam kelas, tetapi juga di rumah dan masyarakat (lingkungan sekolah) dengan berbagai sumber belajar.
- Pembelajaran memperhatikan kebutuhan individual peserta didik, misalnya gaya belajar, minat, dan kecepatan belajarnya. Oleh karena itu pendidik perlu mendesain pembelajaran bagi peserta didik tertentu yang berbeda dengan peserta didik lainnya dalam kelas.
- Pembelajaran memanfaatkan keterampilan literasi digital peserta didik.
- Pembelajaran menggunakan proyek yang riil.
- Pembelajaran mengembangkan keterampilan belajar, kemandirian belajar, dan kemampuan mengikuti perkembangan/perubahan serta memberdayakan peserta didik untuk menjadi ‘pendidik’ bagi temannya.
- Pendidik terlibat dalam pembelajaran sebagai peserta didik sehingga benar-benar memahami proses pembelajaran.
- Penilaian pembelajaran hanya mengukur apa yang ditargetkan untuk dicapai.
- Pembelajaran melibatkan keluarga, tidak terbatas pada peserta didik.
- Pembelajaran berpusat pada peserta didik, artinya keputusan mengenai tujuan, isi, dan proses pembelajaran didasarkan pada kebutuhan peserta didik
Sesuai dengan prinsip-prinsip belajar di atas, sejumlah prinsip pembelajaran
diterapkan pada pendidikan dasar dan menengah di Indonesia (Permendikbud Nomor
22/2016).
- Pembelajaran berbasis pada peserta didik mencari tahu.
- Pembelajaran berbasis pada aneka sumber belajar.
- Pembelajaran menggunakan pendekatan ilmiah.
- Pembelajaran berbasis kompetensi.
- Pembelajaran terpadu.
- Pembelajaran memungkinkan peserta didik menemukan jawaban benar yang berbeda-beda.
- Pembelajaran berbasis keterampilan aplikatif.
- Pembelajaran meningkatkan hardskills dan softskill secara seimbang.
- Pembelajaran mengutamakan pembudayaan dan pemberdayaan peserta didik sebagai pembelajar sepanjang hayat.
- Pembelajaran menerapkan nilai-nilai dengan memberi keteladanan (ing ngarsa sung tuladha), membangun kemauan (ing madya mangun karsa), dan mengembangkan kreativitas peserta didik dalam proses pembelajaran (tut wuri handayani).
- Pembelajaran berlangsung di rumah, di sekolah, dan di masyarakat.
- Pembelajaran menerapkan prinsip bahwa siapa saja adalah pendidik, siapa saja adalah peserta didik, dan di mana saja adalah kelas.
- Pembelajaran memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pembelajaran.
- Pembelajaran memperhatikan perbedaan individual.
Metode Pembelajaran Abad 21
Metode pembelajaran abad ke-21 menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran peserta didik
aktif, antara lain:
- Pembelajaran dengan metode ilmiah,
- Inquiry/discovery learning,
- Project-based learning, dan
- Problem-based learning
Download Buku Penilaian Formatif
Buku Penilaian formatif pada pembelajaran abad 21 untuk sekolah dasar yang diterbitkan oleh Pusat Penilaian Pendidikan
Jakarta, Desember 2019 bisa di download disini:
Unduh Buku Penilaian Forrmatif
Download Buku Lainnya:
- Download Buku Kelas 8 SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017-2018 Semua Mapel
- Download Buku Kelas 7 SMP/MTs Kurikulum 2013 Revisi 2017 Semua Mapel
- RPP PAI SMP Kelas 7 Semester 1 dan 2 Kurikulum 13 Edisi Revisi 2019
- Macam-macam Bentuk Teknik Penilaian Pendidikan di Sekolah
- Download Buku Penilaian Formatif Pembelajaran Abad 21
- Download Buku Penilaian Kinerja Siswa
- Download Buku PKP PKn SMP Tahun 2019 Edisi Revisi Terbaru
- Download Buku Penguatan Pembelajaran Nilai Moral Pancasila
- Download Buku K13 Edisi Revisi 2017 Kelas 5 Semester 1 SD/MI
- Downoad Buku Siswa dan Buk Guru Kurikulum K13 Kelas X SMA/SMK/MA
- Download Buku Guru dan Siswa SKI Kelas 7 Kurikulum 2013
Akhir Kata
Demikian Buku Penilaian Formatif yang diterbitkan oleh pusat penilaian pendidikan pada tahun 2019.
Terima Kasih, semoga bermanfaat
Belum ada Komentar untuk "Download Buku Penilaian Formatif Pembelajaran Abad 21"
Posting Komentar