Macam-macam Bentuk Teknik Penilaian Pendidikan di Sekolah

Macam-macam Teknik Penilaian Pendidikan di Sekolah - Penilaian pengetahuan dilakukan dengan berbagai teknik. Pendidik dapat memilih teknik penilaian yang paling sesuai dengan karakteristik kompetensi dasar, indikator, atau tujuan pembelajaran yang akan dinilai. Segala sesuatu yang akan dilakukan dalam proses penilaian perlu di tetapkan terlebih dahulu pada saat menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP).
Macam-macam Teknik Penilaian Pendidikan di Sekolah

Macam-macam Teknik Penilaian Pendidikan di Sekolah  Teknik yang biasa digunakan adalah tes tertulis, tes lisan, dan penugasan. 

1. Teknik Penilaian Tes Tertulis

Tertulis adalah tes yang soal dan jawaban disajikan secara tertulis berupa pilihan ganda, isian, benar-salah, menjodohkan, dan uraian. Instrumen testertulis dikembangkan atau disiapkan dengan mengikuti langkah-langkah berikut. 

1) Memeriksakompetensidasardanindikatornya KD dan indikator biasanya sudah dicantumkan dalam RPP. Indikator untuk KD tertentu sebaiknya ditingkatkan, dalam arti menetapkan kata kerja operasional yang lebih tinggi daripada yang dirumuskan dalam KD. Misalnya jika kata kerja operasional KD sebatas memahami, maka pendidik dapat menetapkan indikator sampai menganalisis atau mengevaluasi.Tentu saja tidak semua KD dapat dan perlu ditingkatkan.

2) Menetapkantujuanpenilaian Menetapkan tujuan penilaian apakah untuk keperluan mengetahui capaian pembelajaran ataukah untuk memperbaiki proses pembelajaran, atau untuk kedua-duanya. Tujuan ulangan harian berbedadengantujuan ulangantengahsemester (PTS),dantujuanuntuk ulangan akhir semester (PAS). Sementara ulangan harian biasanya diselenggarakan untuk menge- tahui capaian pembelajaran atau untuk memperbaiki proses pembelajaran (formatif ), PTS dan PAS umumnya untuk mengetahui capaian pembel-ajaran (sumatif).

3) Menyusun kisi-kisi Kisi-kisi merupakan spesifikasi yang memuat kriteria soal yang akan ditulis yang meliputi antara lain KD yang akan diukur, materi, indikator soal, bentuk soal, dan jumlah soal. Kisi-kisi disusun untuk memastikan butir-butir soal mewakili apa yang seharusnya diukur secara proporsional. Pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan metakognitifdengankecakapan berfikir tingkat rendah hingga tinggi akan terwakili secara memadai.

4) Menulis soal berdasarkan kisi-kisi dan kaidah penulisan soal

5) Menyusun pedoman penskoran Untuk soal pilihan ganda, isian, menjodohkan, dan jawaban singkat disediakan kunci jawaban. Untuk soal uraian disediakan kunci/model jawaban dan rubrik.

2. Teknik Penilaian Tes Lisan 

Tes lisan merupakan pertanyaan-pertanyaan yang diberikan pendidik secara lisan dan peserta didik merespon pertanyaan tersebut secara lisan pada saat proses pembelajaran berlangsung. Selain bertujuan mengecek penguasaan pengetahuan peserta didik (assessment of learning), tes lisan terutama digunakan untuk perbaikan pembelajaran (asessment for learning). Tes lisan juga dapat menumbuhkan sikap berani berpendapat, percaya diri, dan kemampuan ber- komunikasi secara efektif. Tes lisan juga dapat digunakan untuk melihat ke- tertarikan peserta didik terhadap materi yang diajarkan danmotivasi peserta didik dalam belajar (assessment as learning).

3. Teknik Penilaian Penugasan 

Penugasan adalah pemberian tugas kepada peserta didik untuk mengukur dan/ atau memfasilitasi peserta didik memperoleh atau meningkatkan pengetahuan. Penugasan untuk mengukur pengetahuan dapat dilakukan setelah proses pembelajaran (assessment of learning). Sedangkan penugasan untuk meningkatkan pengetahuan diberikan sebelum dan/atau selama proses pembelajaran (assessment for learning).

Demikian Macam-macam Teknik Penilaian Pendidikan di Sekolah semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Belum ada Komentar untuk "Macam-macam Bentuk Teknik Penilaian Pendidikan di Sekolah "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel