Contoh Metode Penelitian Kualitatif Pendidikan Karakter


Metode Penelitian Kualitatif Pendidikan Karakter

1.      Jenis penelitian
Jenis dari penelitian ini adalah penelitian kualitatif atau studi lapangan (Field Research) yang bersifat deskriptif-analitik,  dimana penekanan dari hasil penelitian ini adalah mendeskripsikan program yang terdapat di lapangan yang berkaitan dengan program pendidikan agama Islam terhadap pembentukan karakter bangsa peserta didik.

Contoh Metode Penelitian Kualitatif


2.      Pendekatan penelitian
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan fenomenologi dimana peneliti mengamati secara langsung fenomena yang terjadi pada subyek penelitian.

3.      Subyek penelitian
Subyek dari penelitian program pendidikan agama Islam terhadap pembentukan karakter bangsa peserta didik adalah pendidik dan peserta didik. Agar mempermudah dalam pengumpulan data penelitian, peneliti menggunakan tehnik random sampling yaitu dengan cara mengacak informan agar dapat memberikan data secara valid. data tersebut diambil 10%  dari jumlah Populasi.  Jika subyeknya besar dapat diambil antara 10%-15% atau 20%-25% atau lebih, tergantung setidaknya memperhitungkan 3 hal. Pertama, kemampuan peneliti dilihat dari segi waktu, tenaga dan dana. Kedua, sempet luasnya wilayah pengamatan dari setiap subyek. Ketiga, besar kecilnya resiko yang ditanggung peneliti.

4.      Metode pengumpulan data
Metode penelitian merupakan strategi umum yang dianut dalam pengumpulan dan analisis data yang diperlukan, guna menjawab persoalan yang dihadapi. Penelitian program pendidikan agama Islam terhadap pembentukan karakter bangsa peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri Galur ini menggunakan metode sebagai berikut:


1.      Interview, dengan cara membuat interview guide sebagai pedoman  untuk menyerap (saturate) atau menemukan informasi yang kontinu untuk menambah hingga tidak ada lagi yang dapat ditemukan kategori. Subyek yang diwawancarai meliputi kepala madrasah, bagian waka kurikulum, pendidik PAI, pendidik yang menjadi penanggung jawab program pendidikaan agama Islam dan peserta didik. Wawancara terhadap pendidik terutama menayakan tentang usaha yang dilaksanakan terhadap pembentukan karakter bangsa peserta didik melalui program PAI, faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan program PAI. Sedangkan wawan cara kepada peserta didik dilakukan untuk mengetahui implikasi program PAI terhadap pembentukan karakter bangsa peserta didik. Adapun pertayaan-pertayaan secara merinci terlampir dalam interview guide.

2.      Observasi, adalah sebuah metode pengamatan dan pencatatan secara sistemik terhadap gejala yang tampak pada subyek.  Kegiatan observasi ini yaitu mengamati secara langsung pelaksaan program pendidikan agama Islam yang di laksanakan di madrasah dan tingkah laku peserta didik baik ketika sedang melaksanakan program PAI maupun ketika sedang bermain dengan sesama temannya. Hal ini dilakukan peneliti ketika sedang melaksanakan penelitian dilapangan secara kontinu.

3.      Dukumentasi, adalah untuk mencari data yang bersumber dari tulisan-tulisan, arsip-arsip seperti buku, majalah surat kabar dan internet Pengumpulan data dengan dokumentasi lebih menitikberatkan pada bagian gambaran umum Madrasah Tsanawiyah Negeri Galur Kulon Progo, serta arsip dari program pendidikan agama Islam yang telah dilaksanakan.

5.      Analisis data
Berdasarkan tujuan dari penelitian ini, penulis menggunakan alnalisis deskriptif-analitik, yaitu mendiskripsikan dan menganalisa semua hal yang menjadi fokus dalam penelitian ini dengan menggunakan pendekatan berpikir induktif. Kesimpukan yang dicapai dari cara berpikir induktif kesimpulannya dicapai dengan jalan mengamati contoh-contoh atau fenomena- fenomena yang terjadi, barulah dibuat generalisasi untuk keseluruhan populasi penelitian.     

Belum ada Komentar untuk "Contoh Metode Penelitian Kualitatif Pendidikan Karakter"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel