Contoh Metode Penelitian Kualitatif Pendidikan Karakter
Metode Penelitian Kualitatif Pendidikan Karakter
1.
Jenis penelitian
Jenis dari penelitian ini adalah penelitian kualitatif
atau studi lapangan (Field Research) yang
bersifat deskriptif-analitik, dimana penekanan
dari hasil penelitian ini adalah mendeskripsikan program yang terdapat di
lapangan yang berkaitan dengan program pendidikan agama Islam terhadap pembentukan
karakter bangsa peserta didik.
2.
Pendekatan penelitian
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan fenomenologi dimana
peneliti mengamati secara langsung fenomena yang terjadi pada subyek
penelitian.
3.
Subyek penelitian
Subyek dari penelitian program pendidikan agama Islam
terhadap pembentukan karakter bangsa peserta didik adalah pendidik dan peserta
didik. Agar mempermudah dalam pengumpulan data penelitian, peneliti menggunakan
tehnik random sampling yaitu dengan cara mengacak informan agar dapat
memberikan data secara valid. data tersebut diambil 10% dari jumlah Populasi. Jika subyeknya besar dapat diambil antara
10%-15% atau 20%-25% atau lebih, tergantung setidaknya memperhitungkan 3 hal.
Pertama, kemampuan peneliti dilihat dari segi waktu, tenaga dan dana. Kedua,
sempet luasnya wilayah pengamatan dari setiap subyek. Ketiga, besar kecilnya
resiko yang ditanggung peneliti.
4.
Metode pengumpulan data
Metode penelitian merupakan strategi umum yang dianut
dalam pengumpulan dan analisis data yang diperlukan, guna menjawab persoalan
yang dihadapi.
Penelitian program pendidikan agama Islam terhadap pembentukan karakter bangsa
peserta didik di Madrasah Tsanawiyah Negeri Galur ini menggunakan metode
sebagai berikut:
1.
Interview, dengan cara membuat interview guide sebagai pedoman untuk menyerap (saturate) atau menemukan informasi yang kontinu untuk menambah
hingga tidak ada lagi yang dapat ditemukan kategori.
Subyek yang diwawancarai meliputi kepala madrasah, bagian waka kurikulum,
pendidik PAI, pendidik yang menjadi penanggung jawab program pendidikaan agama
Islam dan peserta didik. Wawancara terhadap pendidik terutama menayakan tentang
usaha yang dilaksanakan terhadap pembentukan karakter bangsa peserta didik
melalui program PAI, faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan program
PAI. Sedangkan wawan cara kepada peserta didik dilakukan untuk mengetahui implikasi
program PAI terhadap pembentukan karakter bangsa peserta didik. Adapun
pertayaan-pertayaan secara merinci terlampir dalam interview guide.
2.
Observasi, adalah sebuah metode pengamatan dan
pencatatan secara sistemik terhadap gejala yang tampak pada subyek. Kegiatan observasi ini yaitu mengamati secara
langsung pelaksaan program pendidikan agama Islam yang di laksanakan di
madrasah dan tingkah laku peserta didik baik ketika sedang melaksanakan program
PAI maupun ketika sedang bermain dengan sesama temannya. Hal ini dilakukan
peneliti ketika sedang melaksanakan penelitian dilapangan secara kontinu.
3.
Dukumentasi, adalah untuk mencari data yang bersumber
dari tulisan-tulisan, arsip-arsip seperti buku, majalah surat kabar dan
internet Pengumpulan
data dengan dokumentasi lebih menitikberatkan pada bagian gambaran umum Madrasah
Tsanawiyah Negeri Galur Kulon Progo, serta arsip dari program pendidikan agama
Islam yang telah dilaksanakan.
5.
Analisis data
Berdasarkan tujuan dari penelitian ini, penulis menggunakan
alnalisis deskriptif-analitik, yaitu mendiskripsikan dan menganalisa semua hal
yang menjadi fokus dalam penelitian ini dengan menggunakan pendekatan berpikir induktif. Kesimpukan yang dicapai dari cara berpikir induktif kesimpulannya dicapai
dengan jalan mengamati contoh-contoh atau fenomena- fenomena yang terjadi,
barulah dibuat generalisasi untuk keseluruhan populasi penelitian.
Belum ada Komentar untuk "Contoh Metode Penelitian Kualitatif Pendidikan Karakter"
Posting Komentar