Contoh Kajian Pustaka Proposal Skripsi Pembentukan Karakter Peserta Didik

Setelah penulis mencari berbagai sumber pustaka yang terkait dengan pembahasan program pendidikan agama Islam terhadap pembentukan karakter bangsa peserta didik, terutama skripsi mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, penulis kiranya perlu memaparkan sebagai bahan pertimbangan mengapa penelitian ini perlu dilaksanakan. Adapun karya-karya mahasiswa yang berkaitan dengan pembentukan karakter adalah sebagai berikut.
Contoh Kajian Pustaka Proposal Skripsi

1.      Skripsi karya Immawati Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2003 yang berjudul “Urgensi Teori Kebiasaan Bagi Pembentukan Karakter Remaja dalam Pendidikan Islam. Kesimpulan skripsi tersebut adalah sebagai berikut: pertama, Kebiasaan manusia apabila diterapkan secara bertahap dan kontinu akan membentuk karakter remaja yang baik, dimana kebiasaan ini juga diterapkan sebagai salah satu tehnik dalam pendidikan agama Islam. Kedua, Karakter terbentuk melalui pembiasaan yang bisa berubah atau diubah melalui cara berfikirnya, cara merasa dan sikapnya, maka kebiasaan baik harus di pelihara dan kebiasaan buruk harus disadari keburukannya sehingga dapat berubah[1].

2.      Skripsi karya Munirul Amin, Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam, Fakultas Dakwah, IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2004  yang berjudul “Kesadaran Diri Sebagai Dasar Pembentukan Karakter Manusia Menuju Insan kamil” Kesimpulan skripsi tersebut adalah kesadaran diri dalam perpektif Islam adalah kesadaran koridor spiritual artinya kesadaran diri dimaknai dengan kesadaran yang berupa ketaatan terhadap nilai-nilai spiritual yang disampaikan tuhan kepada manusia. Kesadaran diri mempuyai kedudukan dalam pembentukan karakter manusia, yakni bahwa dengan kesadaran diri manusia dapat membangun gambaran tentang diri sendiri (self consep) melalui metode internalisasi kekuatan dan kelemahan yang secara riil dan potensial. Pembentukan karakter insan kamil merupakan sub bahagian dari totalitas faktor yang mempengaruhi pembentukan sebuah karakter mannusia.[2]  

3.      Skripsi karya Chamid Ngabdulloh, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2007 yang berjudul Metode Pembiasaan Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Islam di TKIT Hati Muntilan Magelang. Kesimpulan skripsi tersebut yaitu bentuk kebiasaan yang diterapkan baca tulis al-Qur’an, sholat dhuhur barjamaah, adab dalam masjid, pemutaran lagu islami, mengucapkan salam, doa’-doa harian dan adab makan dan minum. Karakter yang dihasilkan dari pembiasaan diantaranya yaitu ketaatan dalam beribadah, tolong menolong dan kasih sayang pada sesama, suka akan kebersihan dan hidup sederhana.[3]   

Dari penelusuran penulis diatas, penelitian ini berbeda dengan penelitian yang sudah dilakukan oleh mahasiswa UIN Sunan Kalijaga. Penelitian ini menitikberatkan pada pembentukan karakter bangsa peserta didik melalui program pendidikan agama Islam yang terdapat di Madrasah/sekolah, sedangkan skripsi yang sudah ada menitikberatkan permasahan tentang metode pembiasaan pembentukan karakter  dalam pendidikan agama Islam, kesadaran diri sebagai dasar pembentukan karakter dan yang terakhir penggunaan metode pembiasaan sebagai upaya pembentukan karakter Islam.



[1] Immawati, “Urgensi Teori Kebiasaan Bagi Pembentukan Karakter Remaja Dalam Pendidikan Islam”, Skripsi, Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2003, hal. 93.
[2] Munirul Amin, Kesadaran Diri Sebagai Dasar Pembentukan Karakter Manusia Menuju Insan kamil, Skripsi, Fakultas dakwah, IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2004, hal. 102.
[3] Chamid Ngabdulloh, Metode Pembiasaan Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Islam di TKIT Hati Muntilan Magelang, Skripsi, Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2007, hal. 73.

Belum ada Komentar untuk "Contoh Kajian Pustaka Proposal Skripsi Pembentukan Karakter Peserta Didik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel