BENTUK, JENIS, DAN ISI BUKU MENURUT UU NOMOR 3 TAHUN 2017

BENTUK, JENIS, DAN ISI BUKU MENURUT UU NOMOR 3 TAHUN 2017 - Menurut UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 3 TAHUN 2017 TENTANG SISTEM PERBUKUAN ketentuan umum mengenai sistem perbukuan termuat dalam Bab I adapun yang dimaksud dalam UU Nomor 3 Tahun 2017 yang dimaksud dengan Sistem Perbukuan adalah tata kelola perbukuan yang dapat dipertanggungiawabkan secara menyeluruh dan terpadu, yang mencakup pemerolehan naskah, penerbitan, pencetakan, pengembangan buku elektronik, pendistribusian, penggunaan, penyediaan, dan pengawasan buku. 
BENTUK, JENIS, DAN ISI BUKU MENURUT UU NOMOR 3 TAHUN 2017


BENTUK, JENIS, DAN ISI BUKU MENURUT UU NOMOR 3 TAHUN 2017

Bentuk, Jenis dan isi buku menurut UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 3 TAHUN 2017 TENTANG SISTEM PERBUKUAN adalah:

yang dimaksud dengan bentuk buku dijelaskan pada Pasal 5
1 Bentuk Buku terdiri atas buku cetak dan buku elektronik. 
2 Buku cetak sebagaimana dimaksud pada ayat (1) merupakan karya tulis yang berupa teks, gambar, atau gabungan dari keduanya yang dipublikasikan dalam bentuk cetak. 
(3) Buku elektronik sebagaimana dimaksud pada ayat (l) merupakan karya tulis yang berupa teks, gambar, audio, video, atau gabungan dari keseluruhannya yang dipublikasikan dalam bentuk elektronik.

Jenis Buku Menurut UU NOMOR 3 TAHUN 2017 dijelaskan pada Pasal 6
(1) Jenis Buku terdiri atas buku pendidikan dan buku umum.
(2) Buku pendidikan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) merupakan Buku yang digunakan dalam pendidikan umum, pendidikan kejuruan, pendidikan akademik, pendidikan profesi, pendidikan vokasi, pendidikan keagamaan, dan pendidikan khusus.
(3) Muatan keagamaan dalam Buku pendidikan sebagaimana dimaksud pada ayat (21 menjadi tanggung jawab menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang agama.
(4) Buku pendidikan sebagaimana dimaksud pada ayat (2) terdiri atas buku teks dan buku nonteks.
(5) Buku teks sebagaimana dimaksud pada ayat (4) terdiri atas buku teks utama dan buku teks pendamping.
(6) Buku teks utama sebagaimana dimaksud pada ayat (4) merupakan buku pelajaran yang wajib digunakan dalam pembelajaran berdasarkan kurikulum yang berlaku dan disediakan oleh Pemerintah Pusat tanpa dipungut biaya.
(7) Buku teks pendamping sebagaimana dimaksud pada ayat (5) merupakan buku pelajaran yang disusun oleh masyarakat berdasarkan kurikulum yang berlaku dan telah mendapatkan pengesahan dari Pemerintah Pusat.
(8)Buku umum sebagaimana dimaksud pada ayat (1) merupakan jenis Buku di luar buku pendidikan.
Ketentuan lebih lanjut mengenai buku pendidikan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) sampai dengan ayat (71 diatur dengan Peraturan Pemerintah.

Isi buku dijelaskan pada Pasal 7 

Buku berisi ilmu pengetahuan, informasi, dan hiburan.

Demikian BENTUK, JENIS, DAN ISI BUKU MENURUT UU NOMOR 3 TAHUN 2017

Belum ada Komentar untuk "BENTUK, JENIS, DAN ISI BUKU MENURUT UU NOMOR 3 TAHUN 2017"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel