Aplikasi dan Cara Instalasi Dapodikdasmen Versi 2020

Rilis Aplikasi  dan Cara Installasi Dapodikdasmen Versi 2020 - Kemendikbud melalui laman http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/berita/rilis-aplikasi-dapodikdasmen-versi-2020 telah merilis dapodik versi terbaru yang siap digunakan untuk pengimputan data satuan pendidikan yang dilakukan oleh operator sekolah dan di validasi data oleh kepala sekolah.
download Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020

Pemutakhiran data pada semester 1 Tahun Ajaran 2019/2020 memiliki pembaruan dengan mengisi secara lebih terperinci terutama untuk menu sarpras dan untuk peserta didik dan Pendidik ditambahkan dengan pengisian no KK dan nomor NUKS. untuk lebih jelasnya berikut adalah salinan pengumuman rilisnya Dapodikdasmen versi 2020


Isi Pengumuman Bersama Rilisnya Aplikasi Dapodikdasmen versi 2020

Yth. Bapak/Ibu

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota
Kepala LPMP
Kepala SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB
di seluruh Indonesia

               

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Puji syukur Alhamdulillah, proses pengujian Aplikasi Dapodikdasmen versi 2020 telah tuntas dilakukan dan saat ini dapat dirilis. Aplikasi Dapodikdasmen versi 2020 digunakan untuk pemutakhiran data semester 1 Tahun Ajaran 2019/2020. Terdapat beberapa pembaruan yang penting pada versi baru ini, di antaranya yang signifikan yaitu perubahan dan pembaruan pada menu sarana dan prasarana dengan isian lebih terperinci pada data tanah, bangunan, data ruang, serta data alat, angkutan, dan buku. Kemudian pada data Peserta Didik dan PTK terdapat penambahan atribut Nomor KK (Kartu Keluarga) dan NUKS (Nomor Unik Kepala Sekolah). Keamanan data ditingkatkan melalui peningkatan metode keamanan pada password pengguna. Semua perubahan dan pembaruan merupakan upaya untuk menyelaraskan prosedur dan mekanisme pendataan Dapodik untuk berbagai transaksi di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Aplikasi Dapodikdasmen versi 2020 telah menggunakan database versi baru, untuk itu secara teknis Aplikasi Dapodikdasmen versi sebelumnya (2019.e) tidak dapat langsung di upgrade ke Dapodikdasmen versi 2020, akan tetapi harus melakukan install ulang terlebih dahulu. Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2020 hanya dirilis dalam bentuk INSTALLER (tidak ada versi UPDATER).

Selanjutnya kepada segenap Bapak/Ibu Kepala Sekolah agar segera menugaskan Operator Aplikasi untuk melakukan upgrade ke Aplikasi Dapodikdasmen versi 2020 dan melakukan pemutakhiran data semester 1 Tahun Ajaran 2019/2020. Berdasaran Juknis BOS Reguler (Permendikbud No. 3 Tahun 2019) Penetapan  alokasi BOS Reguler  tiap  Sekolah  didasarkan  pada data  hasil batas  waktu  akhir pendataan (cut off) Dapodik. Data pre-cut off akan diambil pada tanggal 30 September 2019 untuk verifikasi data program BOS Reguler. Cut off Dapodik untuk program BOS Reguler akan dilaksanakan pada tanggal 31 Oktober 2019.

Demikian informasi yang kami sampaikan. Atas perhatian dan kerja sama Bapak/Ibu, kami ucapkan terima kasih.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Salam Satu Data,

Admin Dapodikdasmen


Cara Installasi Dapodikdasmen versi 2020

  1. Baca Panduan Dapodikdasmen versi 2020
  2. Download Aplikasi Dapodikdasmen
  3. Pastikan File Aplikasi terdownload dengan sempurna
  4. Hapus Installasi Dapodikdasmen Versi Sebelumnya
  5. Install Aplikasi Seperti Biasanya 
  6. Lakukan Generate Prefill Secara online maupun Offline 

Belum ada Komentar untuk "Aplikasi dan Cara Instalasi Dapodikdasmen Versi 2020"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel