Kisi kisi USBN Bahasa Jawa SMA Kurikulum 2006
Kisi kisi USBN Bahasa Jawa SMA Kurikulum 2006 diperlukan guna meningkatkan kualitas pendidikan bahasa daerah terus meningkat.
Kisi kisi USBN Bahasa Jawa SMA Kurikulum 2006
KISI-KISI PENULISAN SOAL
UJIAN SEKOLAH MATA PELAJARAN BAHASA JAWA SMA (KURIKULUM 2006)
PROVINSI
JAWA TENGAH TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Dapatkan File
No
|
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Kelas /
Semester
|
Indikator
|
Bentuk
Soal
|
No.
Soal
|
1.
|
MENDENGARKAN
Mampu
mendengarkan dan memahami wacana lisan
sastra maupun nonsastra dalam berbagai ragam bahasa Jawa.
|
Mendengarkan pengumuman
kegiatan kemasyarakan
|
Teks Pengumuman
|
X / I
|
Disajikan teks pengumuman,
siswa dapat menemukan isi pengumuman.
|
PG
|
|
2.
|
BERBICARA
Mampu
mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan sastra
maupun nonsastra dengan menggunakan berbagai ragam dan unggah-ungguh bahasa Jawa.
|
Bercerita pengalaman yang mengesankan dalam ragam krama.
|
Cerita pengalaman (yang lucu, menggembirakan, mengharukan, dsb.) penggunaan diksi
(pilihan kata) penggunaan
intonasi, jeda, dan ekspresi
|
X / I
|
Disajikan teks petikan
cerita pengalaman,
siswa dapat mengidentifikasi
pengalaman mengharukan atau paling
mengesankan.
|
PG
|
|
3.
|
MEMBACA
Mampu membaca dan
memahami bacaan nonsastra maupun
sastra, berhuruf Latin maupun Jawa dengan
berbagai keterampilan dan teknik membaca.
|
Membaca nyaring cerkak
|
Teks
Cerita Cekak
|
X / I
|
Disajikan teks, siswa dapat menunjukkan setting dalam cerkak.
|
PG
|
|
Disajikan teks, siswa dapat menentukan amanat dalam cerkak
|
PG
|
||||||
4.
|
MEMBACA
Mampu
membaca dan memahami berbagai teks bacaan dengan berbagai teknik membaca teks
tertentu untuk berbagai tujuan
|
Membaca pemahaman wacana
berhuruf Jawa 10 -15 kalimat.
|
Wacana
berhuruf Jawa
|
X / I
|
Disajikan kalimat
menggunakan aksara Jawa, siswa dapat
mentransliterasi ke dalam huruf
Latin.
|
PG
|
|
5.
|
MENULIS
Mampu mengungkapkan pikiran,
pendapat, gagasan, dan perasaan dalam berbagai jenis karangan nonsastra
maupun sastra menggunakan berbagai ragam bahasa Jawa sesuai dengan unggah-ungguh dan menulis dengan huruf
Jawa.
|
Menulis geguritan
|
Teks Geguritan
|
X / I
|
Disajikan
teks geguritan, siswa dapat menentukan tema.
|
PG
|
|
6.
|
MENDENGARKAN
Mampu
mendengarkan dan lisan smemahani wacana astra maupun nonsastra dalam berbagai
ragam bahasa Jawa.
|
Mendengarkan
berita yang disampaikan melalui media elektronik
|
Teks Berita
|
X /
II
|
Disajikan
kalimat acak, siswa dapat menentukan urutan kalimat yang benar agar menjadi
teks pawarta yang runtut.
|
PG
|
|
7.
|
BERBICARA
Mampu
mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan nonsastra
maupun sastra dengan menggunakan berbagai ragam dan unggah-ungguh bahasa Jawa.
|
Membahas atau mendiskusikan isi
cerkak
|
Naskah cerkak (cerita pendek)isi cerkak hal yang
menarik unsur-unsur intrinsik (tema, penokohan, alur, sudut pandang, latar ,
amanat)
|
X / II
|
Disajikan petikan cerkak,
siswa dapat menceritakan kembali
isi cerkak yang dibaca dengan
kata-kata sendiri
|
URAIAN
|
|
X / II
|
Siswa
dapat mengidentifikasi alur dari
petikan cerkak yang disajikan.
|
PG
|
|||||
8.
|
MENULIS
Mampu
mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan dalam berbagai jenis
karangan sastra maupun nonsastra mengguna-kan berbagai ragam bahasa Jawa
sesuai dengan unggah-ungguh dan
menulis dengan huruf Jawa.
|
Menulis wacana
eksposisi dalam bentuk naskah berita pendek.
|
Naskah Berita
Eksposisi
|
X /
II
|
Disajikan
teks, siswa dapat mengidentifikasi wacana eksposisi.
|
PG
|
|
9.
|
MENULIS
Mampu
mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan dalam berbagai jenis
karangan nonsastra maupun sastra mengguna-kan berbagai ragam bahasa Jawa
sesuai dengan unggah-ungguh dan
menulis dengan huruf Jawa.
|
Menulis wacana
persuasi dalam bentuk wacana pidato.
|
Teks Pidato
Persuasif
|
XI /
II
|
Disajikan
teks, siswa dapat mengidentifikasi teks panutup pidato persuasif.
|
PG
|
|
10.
|
BERBICARA
Mampu
mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan sastra
maupun nonsastra dengan menggunakan berbagai ragam dan unggah-ungguh bahasa Jawa
|
Menyampaikan
sambutan dalam bentuk pambagyaharja
|
Teks Pambagyaharja
|
XI / I
|
Disajikan
teks pambagyaharja rumpang, siswa mampu menentukan kata yang sesuai untuk
melengkapinya.
|
PG
|
|
11.
|
MENDENGARKAN
Mampu
mendengarkan dan memahani wacana lisan sastra maupun nonsastra dalam berbagai
ragam bahasa Jawa.
|
Mendengarkan
wawancara berupa rekaman atau langsung.
|
Wawancara
|
XI / I
|
Disajikan
teks petikan dialog wawancara yang memuat kesalahan menurut unggah-ungguh basa Jawa, siswa dapat menunjukkan
kalimat yang tepat.
|
PG
|
|
12.
|
MENDENGARKAN
Mampu
mendengarkan dan memahani wacana lisan sastra maupun nonsastra dalam berbagai
ragam bahasa Jawa.
|
Mendengarkan
sambutan atau khotbah yang disampaikan secara langsung atau rekaman.
|
Sambutan atau khotbah
|
XI / I
|
Siswa
dapat mengidentifikasi pokok-pokok isi sambutan atau
khotbah dari teks yang disajikan
|
PG
|
|
13.
|
MEMBACA
Mampu membaca dan
memahami bacaan sastra maupun
nonsastra, berhuruf Latin maupun Jawa dengan
berbagai keterampilan dan teknik membaca.
|
Membaca pemahaman
paragraf berdasarkan letak kalimat utama.
|
Kalimat
Utama
|
XI / I
|
Disajikan
teks, siswa dapat menentukan
kalimat yang mengandung gagasan utama.
|
PG
|
|
14.
|
MENULIS
Mampu mengungkapkan pikiran,
pendapat, gagasan, dan perasaan dalam berbagai jenis karangan nonsastra
maupun sastra mengguna-kan berbagai ragam bahasa Jawa sesuai dengan unggah-ungguh dan menulis dengan huruf
Jawa.
|
Menulis syair tembang macapat
|
Cakepan
Tembang
|
XI / I
|
Disajikan cakepan tembang macapat tidak lengkap, siswa dapat
menunjukkan cakepan yang tepat untuk melengkapi sesuai paugeran.
|
PG
|
|
15.
|
MEMBACA
Mampu membaca dan memahami bacaan sastra maupun nonsastra, berhuruf
Latin maupun Jawa dengan berbagai
keterampilan dan teknik membaca.
|
Nembang campursari
|
Tembang Campursari
|
XI / II
|
Siswa
dapat mengidentifikasi nilai-nilai moral yang terkandung dari tembang campursari yang disajikan
|
PG
|
|
16.
|
MEMBACA
Mampu membaca dan memahami bacaan
sastra maupun nonsastra, berhuruf Latin maupun Jawa dengan berbagai keterampilan dan teknik membaca.
|
Membaca pemahaman bacaan sederhana berhuruf Jawa 25
kalimat (Lima paragraf)
|
Teks bacaan
berhuruf Jawa 25 kalimat (lima paragraf)
|
XI / I
|
Siswa
dapat menjawab pertanyaan berdasarkan teks wacana berhuruf Jawa yang
disajikan.
|
PG
|
|
17.
|
MENULIS
Mampu
mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan dalam berbagai jenis
karangan nonsastra maupun sastra mengguna-kan berbagai ragam bahasa Jawa
sesuai dengan unggah-ungguh dan
menulis dengan huruf Jawa.
|
Menulis parikan atau wangsalan.
|
Parikan dan wangsalan
|
XI / II
|
Siswa
dapat melengkapi petikan
parikan yang disajikan.
|
PG
|
|
18.
|
MENDENGARKAN
Mampu mendengarkan dan
memahani wacana lisan sastra maupun nonsastra dalam berbagai ragam bahasa
Jawa.
|
Mendengarkan tembang macapat yang disampaikan
secara langsung atau rekaman
|
Wacan tembang Macapat
|
XI / II
|
Disajikan
teks tembang macapat, siswa dapat
menyebutkan jenis tembang macapat.
|
PG
|
|
XI / II
|
Disajikan teks,
siswa dapat menyebutkan isi yang
terkandung dalam
tembang macapat yang disajikan.
|
URAIAN
|
|||||
19.
|
BERBICARA
Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan
perasaan secara lisan sastra maupun nonsastra dengan menggunakan berbagai
ragam dan unggah-ungguh bahasa Jawa.
|
Berdialog sesuai
dengan tingkat kesantunan.
|
Ragam krama dan krama inggil
(menanyakan sesuatu, menyampaikan pesan, undangan lisan, dsb)
|
XI / II
|
Disajikan
teks dialog, siswa dapat menetukan kalimat yang sesuai unggah- ungguh
basa.
|
PG
|
|
20.
|
MENDENGARKAN
Mampu
mendengarkan dan memahani wacana lisan nonsastra maupun sastra dalam berbagai
ragam bahasa Jawa.
|
Mendengarkan
sambutan dalam upacara adat pengantin Jawa yang disampaikan secara langsung
atau dalam bentuk rekaman
|
Sambutan upacara
adat pengantin Jawa
|
XII
/ I
|
Disajikan
petikan teks sambutan dalam upacara adat pengantin Jawa, siswa dapat menentukan isi sambutan.
|
PG
|
|
XII
/ I
|
Siswa dapat menemukan isi sambutan
dalam upacara adat pengantin Jawa yang disajikan.
|
PG
|
|||||
21
|
MENDENGARKAN
Mampu
mendengarkan dan memahani wacana lisan nonsastra maupun sastra dalam berbagai
ragam bahasa Jawa.
|
Mendengarkan
cerita wayang yang disampaikan secara langsung atau dalam bentuk rekaman
|
Naskah/cerita wayang
|
XII
/ I
|
Siswa dapat menyebutkan tokoh dan
perwatakannya dari teks yang
disajikan
|
PG
|
|
XII
/ I
|
Siswa dapat mengidentifikasi amanat
cerita dari teks yang
disajikan
|
PG
|
|||||
22.
|
BERBICARA
Mampu
mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan sastra
maupun nonsastra dengan menggunakan berbagai ragam dan unggah-ungguh bahasa
Jawa.
|
Menyampaikan
sambutan dalam bentuk pasrah panganten atau panampi pasrah panganten dalam
upacara adat pengantin Jawa.
|
Sambutan Pengantin
|
XII
/ I
|
Siswa dapat menemukan ciri-ciri atur
pasrah /
panampi pengantin Jawa dari
teks sambutan yang disajikan.
|
PG
|
|
XII
/ I
|
Siswa dapat menunjukkan arti kata-kata
sulit yang terdapat dalam teks sambutan
upacara adat pengantin Jawa yang
disajikan
|
PG
|
|||||
23.
|
MEMBACA
Mampu membaca dan
memahami bacaan sastra maupun
nonsastra, berhuruf Latin maupun Jawa dengan
berbagai keterampilan dan teknik membaca.
|
Membaca nyaring
wacana berhuruf Jawa 20 – 25 kalimat
|
Bacaan Aksara Jawa
|
XII
/ I
|
Siswa dapat mengalihaksarakan
teks beraksara
Jawa dengan tepat
|
PG
|
|
XII
/ I
|
Siswa dapat mengalihaksarakan
teks beraksara Jawa dengan pemisahan kata yang tepat
|
URAIAN
|
|||||
XII
/ I
|
Siswa dapat menyebutkan isi dari teks wacana beraksara Jawa yang disajikan
|
PG
|
|||||
24.
|
MENULIS
Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan dalam berbagai jenis karangan sastra maupun nonsastra mengguna-kan berbagai ragam bahasa Jawa sesuai dengan unggah-ungguh dan menulis dengan huruf Jawa. |
Menulis artikel
tentang budaya Jawa
|
Artikel budaya Jawa
|
XII
/ I
|
Siswa dapat menunjukkan ciri-ciri
artikel
|
PG
|
|
XII
/ I
|
Siswa dapat mengidentifikasi proses
penyusunan artikel
|
PG
|
|||||
25.
|
MENULIS
Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan dalam berbagai jenis karangan sastra maupun nonsastra mengguna-kan berbagai ragam bahasa Jawa sesuai dengan unggah-ungguh dan menulis dengan huruf Jawa. |
1.1 Menulis naskah drama/sandiwara
|
Teks Sandiwara
|
XII
/ I
|
Siswa dapat menentukan tema dari teks sandiwara yang disajikan
|
PG
|
|
XII
/ I
|
Siswa dapat menentukan setting cerita dari teks sandiwara yang disajikan
|
PG
|
|||||
26.
|
MENDENGARKAN
Mampu mendengarkan dan memahani wacana lisan nonsastra
maupun sastra dalam berbagai ragam bahasa Jawa.
|
Mendengarkan
ceramah langsung atau rekaman tentang budaya Jawa
|
Teks Ceramah
|
XII /
II
|
Siswa dapat
menunjukkan tanggapan ceramah budaya Jawa yang santun dari teks ceramah yang
disajikan.
|
PG
|
|
27.
|
BERBICARA
Mampu mengungkapkan pikiran,pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan
sastra maupun nonsastra dengan menggunakan berbagai ragam dan unggah-ungguh bahasa Jawa.
|
Berbicara dalam
forum sarasehan mengenai budaya Jawa
|
Teks Sarasehan
|
XII /
II
|
Siswa dapat
menentukan kalimat yang santun dalam memberikan pendapat pada teks dialog
sarasean yang disajikan.
|
PG
|
|
28.
|
MEMBACA
Mampu membaca dan memahami bacaan
sastra maupun nonsastra, berhuruf Latin maupun Jawa dengan berbagai keterampilan dan teknik membaca.
|
Mendiskusikan isi
drama/sandiwara
|
Teks Sandiwara
|
XII /
II
|
Siswa dapat menjawab pertanyaan dengan
pilihan kata yang sesuai dengan tema pembicaraan dan unggah-ungguh basa yang tepat.
|
PG
|
|
Membaca indah
wacana panyandra
|
Teks panyandra
|
XII /
II
|
Siswa dapat menentukan arti kata-kata
tertentu dalam panyandra
|
PG
|
|||
XII /
II
|
Siswa dapat menemukan pokok-pokok isi teks panyandra
|
PG
|
|||||
Membaca naskah
drama/sandiwara sesuai karakter tokoh
|
Teks drama
|
XII /
II
|
Siswa dapat menentukan amanat dari cerita yang disajikan
|
PG
|
|||
XII /
II
|
Siswa dapat mengidentifikasi
tokoh
dan penokohan dari teks drama yang
disajikan
|
URAIAN
|
|||||
29.
|
Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan dalam
berbagai jenis karangan sastra maupun nonsastra mengguna-kan berbagai ragam
bahasa Jawa sesuai dengan unggah-ungguh
dan menulis dengan huruf Jawa.
|
Menulis wacana
argumentasi tentang budaya Jawa
|
Teks argumentasi
|
XII /
II
|
Siswa dapat
mengidentifikasi ciri-ciri wacana argumentasi
|
PG
|
|
XII /
II
|
Siswa dapat menentukan pikiran pokok wacana argumentasi
|
PG
|
|||||
XII /
II
|
Siswa dapat menyusun
kerangka wacana argumentasi
|
URAIAN
|
Belum ada Komentar untuk "Kisi kisi USBN Bahasa Jawa SMA Kurikulum 2006"
Posting Komentar