Kisi kisi USBN Bahasa Jawa SMA Kurikulum 2006

Kisi kisi USBN Bahasa Jawa SMA Kurikulum 2006 diperlukan guna meningkatkan kualitas pendidikan bahasa daerah terus meningkat.

Kisi kisi USBN Bahasa Jawa SMA Kurikulum 2006


Kisi kisi USBN Bahasa Jawa SMA Kurikulum 2006


KISI-KISI PENULISAN SOAL UJIAN SEKOLAH MATA PELAJARAN BAHASA JAWA SMA (KURIKULUM 2006)
PROVINSI JAWA TENGAH TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Dapatkan File




No

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Materi Pokok

Kelas / Semester

Indikator

Bentuk Soal

No. Soal
1.
MENDENGARKAN
Mampu mendengarkan dan memahami wacana  lisan sastra maupun nonsastra dalam berbagai ragam bahasa Jawa.
Mendengarkan  pengumuman kegiatan kemasyarakan
Teks Pengumuman
X / I
Disajikan teks pengumuman, siswa dapat menemukan isi pengumuman.
PG

2.
BERBICARA
Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan sastra maupun nonsastra dengan menggunakan berbagai ragam dan unggah-ungguh bahasa Jawa.
Bercerita pengalaman yang mengesankan dalam ragam krama.
Cerita pengalam­an (yang lucu, menggembirakan, mengharukan, dsb.) penggunaan diksi  (pilihan kata) penggunaan   intonasi, jeda, dan   ekspresi
X / I
Disajikan teks petikan cerita pengalaman,
siswa dapat mengidentifikasi pengalaman mengharukan atau paling mengesankan.
PG

3.
MEMBACA
Mampu membaca dan memahami  bacaan nonsastra maupun sastra, berhuruf Latin maupun Jawa dengan  berbagai keterampilan dan teknik membaca.      
Membaca nyaring cerkak 

Teks Cerita Cekak
X / I
Disajikan  teks, siswa dapat menunjukkan setting dalam cerkak.

PG

Disajikan  teks, siswa dapat menentukan amanat dalam cerkak
PG

4.
MEMBACA
Mampu membaca dan memahami berbagai teks bacaan dengan berbagai teknik membaca teks tertentu untuk berbagai tujuan
Membaca  pemahaman wacana berhuruf Jawa 10 -15 kalimat.
Wacana berhuruf Jawa
X / I
Disajikan kalimat menggunakan aksara Jawa, siswa dapat mentransliterasi ke dalam huruf Latin.

PG

5.
MENULIS
Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan dalam berbagai jenis karangan nonsastra maupun sastra menggunakan berbagai ragam bahasa Jawa sesuai dengan unggah-ungguh dan menulis dengan huruf Jawa.
Menulis geguritan  

Teks Geguritan

X / I
Disajikan teks geguritan, siswa dapat menentukan tema.

PG

6.
MENDENGARKAN
Mampu mendengarkan dan lisan smemahani wacana astra maupun nonsastra dalam berbagai ragam bahasa Jawa.
Mendengarkan berita yang disampaikan melalui media elektronik   
Teks Berita

X  / II
Disajikan kalimat acak, siswa dapat menentukan urutan kalimat yang benar agar menjadi teks pawarta yang runtut.


PG

7.
BERBICARA
Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan nonsastra maupun sastra dengan menggunakan berbagai ragam dan unggah-ungguh bahasa Jawa.

Membahas atau mendiskusikan isi cerkak
Naskah cerkak  (cerita pendek)isi cerkak hal yang menarik unsur-unsur intrinsik (tema, penokohan, alur, sudut pandang, latar , amanat)

X / II
Disajikan  petikan cerkak, siswa dapat menceritakan kembali isi cerkak  yang dibaca dengan kata-kata sendiri


URAIAN




X / II
Siswa dapat mengidentifikasi alur dari petikan cerkak yang disajikan.



PG

8.
MENULIS
Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan dalam berbagai jenis karangan sastra maupun nonsastra mengguna-kan berbagai ragam bahasa Jawa sesuai dengan unggah-ungguh dan menulis dengan huruf Jawa.
Menulis wacana eksposisi dalam bentuk naskah berita pendek.
Naskah Berita Eksposisi
X  / II
Disajikan teks, siswa dapat mengidentifikasi wacana eksposisi.

PG

9.
MENULIS
Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan dalam berbagai jenis karangan nonsastra maupun sastra mengguna-kan berbagai ragam bahasa Jawa sesuai dengan unggah-ungguh dan menulis dengan huruf Jawa.
Menulis wacana persuasi dalam bentuk wacana pidato.
Teks Pidato Persuasif
XI  / II
Disajikan teks, siswa dapat mengidentifikasi teks panutup pidato persuasif.
PG

10.
BERBICARA
Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan sastra maupun nonsastra dengan menggunakan berbagai ragam dan unggah-ungguh bahasa Jawa
Menyampaikan sambutan dalam bentuk pambagyaharja
Teks Pambagyaharja
XI / I
Disajikan teks pambagyaharja rumpang, siswa mampu menentukan kata yang sesuai untuk melengkapinya. 
PG




11.
MENDENGARKAN
Mampu mendengarkan dan memahani wacana lisan sastra maupun nonsastra dalam berbagai ragam bahasa Jawa.
Mendengarkan wawancara berupa rekaman atau langsung.
Wawancara
XI / I
Disajikan teks petikan dialog wawancara yang memuat kesalahan menurut unggah-ungguh basa Jawa, siswa dapat menunjukkan kalimat yang tepat.
PG




12.
MENDENGARKAN
Mampu mendengarkan dan memahani wacana lisan sastra maupun nonsastra dalam berbagai ragam bahasa Jawa.
Mendengarkan sambutan atau khotbah yang disampaikan secara langsung atau rekaman.
Sambutan atau khotbah
XI / I
Siswa dapat mengidentifikasi pokok-pokok isi sambutan  atau khotbah  dari teks yang disajikan

PG





13.
MEMBACA
Mampu membaca dan memahami  bacaan sastra maupun nonsastra, berhuruf Latin maupun Jawa dengan  berbagai keterampilan dan teknik membaca.
Membaca pemahaman paragraf berdasarkan letak kalimat utama.
Kalimat Utama
XI / I
Disajikan teks, siswa dapat menentukan kalimat yang mengandung gagasan utama.
PG




14.
MENULIS
Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan dalam berbagai jenis karangan nonsastra maupun sastra mengguna-kan berbagai ragam bahasa Jawa sesuai dengan unggah-ungguh dan menulis dengan huruf Jawa.
Menulis syair tembang macapat
Cakepan Tembang
XI / I
Disajikan cakepan tembang  macapat tidak lengkap, siswa dapat menunjukkan cakepan yang tepat untuk melengkapi sesuai paugeran.
PG

15.
MEMBACA
Mampu membaca dan memahami  bacaan sastra maupun nonsastra, berhuruf Latin maupun Jawa dengan  berbagai keterampilan dan teknik membaca.
Nembang campursari

Tembang Campursari
XI / II
Siswa dapat mengidentifikasi nilai-nilai moral yang terkandung dari tembang    campursari yang disajikan

PG

16.
MEMBACA
Mampu membaca dan memahami  bacaan sastra maupun nonsastra, berhuruf Latin maupun Jawa dengan  berbagai keterampilan dan teknik membaca.

Membaca pemahaman bacaan sederhana berhuruf Jawa 25 kalimat (Lima paragraf)
Teks bacaan berhuruf Jawa 25 kalimat (lima paragraf)
XI / I
Siswa dapat menjawab pertanyaan berdasarkan teks wacana berhuruf Jawa yang disajikan.

PG

17.
MENULIS
Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan dalam berbagai jenis karangan nonsastra maupun sastra mengguna-kan berbagai ragam bahasa Jawa sesuai dengan unggah-ungguh dan menulis dengan huruf Jawa.
Menulis parikan atau  wangsalan.

Parikan dan wangsalan
XI / II
Siswa dapat melengkapi petikan parikan  yang disajikan.

PG

18.
MENDENGARKAN
Mampu mendengarkan dan memahani wacana lisan sastra maupun nonsastra dalam berbagai ragam bahasa Jawa.
Mendengarkan tembang macapat yang disampaikan secara langsung atau rekaman
Wacan tembang Macapat

XI / II
Disajikan teks tembang macapat, siswa dapat menyebutkan jenis    tembang     macapat.

PG

XI / II
Disajikan teks, siswa dapat menyebutkan isi     yang     terkandung    dalam   tembang     macapat yang disajikan.
URAIAN

19.
BERBICARA
Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan sastra maupun nonsastra dengan menggunakan berbagai ragam dan unggah-ungguh bahasa Jawa.
Berdialog sesuai dengan tingkat kesantunan.
Ragam krama dan krama inggil (menanyakan sesuatu, menyampaikan pesan, undangan lisan, dsb)
XI / II
Disajikan teks dialog, siswa dapat menetukan kalimat yang sesuai   unggah- ungguh    basa.

PG

20.
MENDENGARKAN
Mampu mendengarkan dan memahani wacana lisan nonsastra maupun sastra dalam berbagai ragam bahasa Jawa.
Mendengarkan sambutan dalam upacara adat pengantin Jawa yang disampaikan secara langsung atau dalam bentuk rekaman
Sambutan upacara  adat pengantin Jawa
XII / I
Disajikan petikan teks sambutan dalam upacara adat pengantin Jawa, siswa dapat menentukan isi sambutan.
PG




XII / I
Siswa dapat  menemukan isi sambutan dalam upacara adat pengantin Jawa yang disajikan.
PG

21
MENDENGARKAN
Mampu mendengarkan dan memahani wacana lisan nonsastra maupun sastra dalam berbagai ragam bahasa Jawa.
Mendengarkan cerita wayang yang disampaikan secara langsung atau dalam bentuk rekaman
Naskah/cerita wayang

XII / I
Siswa dapat menyebutkan tokoh dan perwatakannya dari teks yang disajikan
PG

XII / I
Siswa dapat mengidentifikasi amanat cerita dari teks yang disajikan

PG

22.
BERBICARA
Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan sastra maupun nonsastra dengan menggunakan berbagai ragam dan unggah-ungguh bahasa Jawa.
Menyampaikan sambutan dalam bentuk pasrah panganten atau panampi pasrah panganten dalam upacara adat pengantin Jawa.
Sambutan Pengantin
XII / I
Siswa dapat menemukan ciri-ciri atur pasrah / panampi pengantin Jawa dari teks sambutan yang disajikan.
PG




XII / I
Siswa dapat menunjukkan arti kata-kata sulit yang terdapat dalam teks sambutan upacara adat pengantin Jawa yang disajikan
PG

23.
MEMBACA
Mampu membaca dan memahami  bacaan sastra maupun nonsastra, berhuruf Latin maupun Jawa dengan  berbagai keterampilan dan teknik membaca.
Membaca nyaring wacana berhuruf Jawa 20 – 25 kalimat

Bacaan Aksara Jawa

XII / I
Siswa dapat mengalihaksarakan teks beraksara Jawa dengan tepat

PG



XII / I
Siswa dapat mengalihaksarakan teks beraksara Jawa dengan pemisahan kata yang tepat
URAIAN

XII / I
Siswa dapat menyebutkan isi dari teks wacana beraksara Jawa yang disajikan
PG

24.
MENULIS
Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan dalam berbagai jenis karangan sastra maupun nonsastra mengguna-kan berbagai ragam bahasa Jawa sesuai dengan unggah-ungguh dan menulis dengan huruf Jawa. 


Menulis artikel tentang budaya Jawa

Artikel budaya Jawa
XII / I
Siswa dapat menunjukkan ciri-ciri artikel


PG


XII / I
Siswa dapat mengidentifikasi proses penyusunan artikel
PG

25.
MENULIS
Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan dalam berbagai jenis karangan sastra maupun nonsastra mengguna-kan berbagai ragam bahasa Jawa sesuai dengan unggah-ungguh dan menulis dengan huruf Jawa. 
1.1 Menulis naskah drama/sandiwara

Teks Sandiwara
XII / I
Siswa dapat menentukan tema dari teks sandiwara yang disajikan



PG



XII / I
Siswa dapat menentukan setting cerita dari teks sandiwara yang disajikan
PG

26.
MENDENGARKAN
Mampu mendengarkan dan memahani wacana lisan nonsastra maupun sastra dalam berbagai ragam bahasa Jawa.
Mendengarkan ceramah langsung atau rekaman tentang budaya Jawa

Teks Ceramah
XII / II
Siswa dapat menunjukkan tanggapan ceramah budaya Jawa yang santun dari teks ceramah yang disajikan.

PG

27.
BERBICARA
Mampu mengungkapkan pikiran,pendapat, gagasan, dan perasaan secara lisan sastra maupun nonsastra dengan menggunakan berbagai ragam dan unggah-ungguh bahasa Jawa.
Berbicara dalam forum sarasehan mengenai budaya Jawa

Teks Sarasehan
XII / II
Siswa dapat menentukan kalimat yang santun dalam memberikan pendapat pada teks dialog sarasean yang disajikan.

PG

28.
MEMBACA
Mampu membaca dan memahami  bacaan sastra maupun nonsastra, berhuruf Latin maupun Jawa dengan  berbagai keterampilan dan teknik membaca.

Mendiskusikan isi drama/sandiwara


Teks Sandiwara
XII / II
Siswa dapat menjawab pertanyaan dengan pilihan kata yang sesuai dengan tema pembicaraan dan unggah-ungguh basa yang tepat.
PG

Membaca indah wacana panyandra
Teks panyandra
XII / II
Siswa dapat menentukan arti kata-kata tertentu dalam panyandra

PG



XII / II
Siswa dapat menemukan pokok-pokok isi teks panyandra
PG

Membaca naskah drama/sandiwara sesuai karakter tokoh

Teks drama
XII / II
Siswa dapat menentukan amanat dari cerita yang disajikan

PG


XII / II
Siswa dapat mengidentifikasi tokoh dan penokohan dari teks drama yang disajikan
URAIAN

29.
Mampu mengungkapkan pikiran, pendapat, gagasan, dan perasaan dalam berbagai jenis karangan sastra maupun nonsastra mengguna-kan berbagai ragam bahasa Jawa sesuai dengan unggah-ungguh dan menulis dengan huruf Jawa.
Menulis wacana argumentasi tentang budaya Jawa
Teks argumentasi
XII / II
Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri wacana argumentasi



PG





XII / II
Siswa dapat menentukan  pikiran pokok wacana argumentasi

PG

XII / II
Siswa dapat menyusun kerangka wacana argumentasi
URAIAN



Belum ada Komentar untuk "Kisi kisi USBN Bahasa Jawa SMA Kurikulum 2006"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel