Format Telaah RPP Kurikulum 2013 Terbaru Edisi Revisi


Telaah RPP Kurikulum kurtilas

FORMAT TELAAH RPP


No.
Komponen
Indikator
Hasil Penilaian/Saran tindak lanjut
A.
Identitas Mata Pelajaran/ Tema

1. Menuliskan nama sekolah.
2. Menuliskan matapelajaran.
3. Menuliskan kelas dan semester.
4. Menuliskan alokasi waktu.


B.
Kompetensi Inti
Menuliskan KI dengan lengkap dan benar.

C.
Kompetensi Dasar
Menuliskan KD dengan lengkap dan

D.
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.      Merumuskan indikator yang mencakup kompetensipengetahuan, keterampilan, dan sikap sesuai dengan KD.
2.      Menggunakan kata kerja opera- sional relevan dengan KD yang dikembangkan.
3.      Merumuskan indikator yang cukup sebagai penanda ketercapaian KD.


Tujuan Pembelajaran
1.      Tujuan pembelajaran dirumuskan   satu atau lebih untuk setiap indikator pencapaian kompetensi.
2.      Tujuanpembelajaran mengandung unsur: audience (A), behavior (B), condition (C), dan degree (D).
3.      Tujuan pembelajaran dirumuskan untuk masing-masing pertemuan.

F.
Materi Pembelajaran

1. Memilih materi pembelajaranreguler, remedial danpengayaan sesuai dengan kompetensi yang dikembangkan.
2. Cakupan materi pembelajaranreguler, remedial, danpengayaan sesuai dengan tuntutan KD, ketersediaan waktu, dan perkembangan peserta didik.
3. Kedalaman materi kemampuan peserta didik.

F.
G.
Metode Pembelajaran

1. Menerapkan satu atau lebih metode pembelajaran.
2. Metode pembelajaran yang dipilih adalah pembelajaran aktif yang efektif dan efisien memfasilitasi peserta didik mencapai indikator- indikator KD beserta kecakapan abad 21.

G.
H.
Media dan Bahan

1. Memanfaatkan medisesuai dengan indikator, karakteristik peserta didik dan kondisi sekolah.
2. Memanfaatkan bahan sesuai dengan indikator, karakteristik peserta didik dan kondisi sekolah
3. Memanfaatkan mediauntuk mewujudkan pembelajaran dengan pendekatan saintifik atau model memadai.

Memanfaatkan bahan untuk mewujudkan pembelajaran dengan pendekatan saintifik atau model memadai.
5. Memilih media untuk menyampaikan pesan yang menarik, variatif, dan sesuai dengan indikator pencapaian kompetensi.
6. Memilih bahan untuk menyampaikan pesan yang menarik, variatif, dan sesuai dengan indikator pencapaian kompetensi.



I.
Sumber Belajar

1. Memanfaatkan lingkungan alam dan/atau sosial..
2. Menggunakan buku teks pelajaran dari pemerintah (Buku Siswa dan Buku Guru).
3. Merujuk materi-materi yang diperoleh melalui perpustakaan.
4. Menggunakan TIK/merujuk alamat web tertentu sebagai sumber belajar.

I.
J.
Langkah- langkah Pembelajaran

1. Merumuskan kegiatan pembelajaran yang mencakup kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup.
2. Merancang kegiatan pembelajaran sesuai dengan sintaks pendekatan/ model pembelajaran yang diterapkan..
3. Merancang aktivitas pembelajaran yang memfasilitasi pembelajaran sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

J.
K.
Penilaian

1. Mencantumkan teknik, bentuk, dan contoh instrumen penilaian pada ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan sesuai dengan indikator.
2. Menyusun sampel butir instrumen penilaian sesuai kaidah pengembangan instrumen
3. Mengembangkan pedoman penskoran (termasuk rubrik)
sesuai dengan instrumen.

K.

Pembelajaran Remedial

1. Merumuskan kegiatan pembelajaran remedial yang sesuai dengan karakteristik peserta didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.
2. Menuliskan salah satu atau lebih aktivitas kegiatan pembelajaran remedial, berupa:
 pembelajaran ulang,
 bimbingan perorangan
 belajar kelompok
 tutor sebaya

I.

Pembelajaran Pengayaan
Merumuskan kegiatan pembelajaran pengayaan yang sesuai dengan karakteristik peserta didik, alokasi waktu, sarana dan media pembelajaran.



Belum ada Komentar untuk "Format Telaah RPP Kurikulum 2013 Terbaru Edisi Revisi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel