Contoh RPP Kurikulum 2013 Mapel PAI SMP Lengkap Beserta Cara Penilaian.doc
Berikut dibawah ini contoh RPP Kurtilas edisi revisi
Nilai = skor
perolehan x 100
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah : SMP
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam dan Budi
Pekerti
Kelas/ Semester : VII/ Satu
Materi Pokok : Semua bersih hidup jadi nyaman
Alokasi Waktu : 2 Pertemuan
(3 pertemuan)
A.
Kompetensi
Inti
KI 1 Menghargai dan menghayati
ajaran agama yang dianutnya
KI 2
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan social dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3 Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan
kejadian tampak mata
KI 4 Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung,
menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B.
Kompetensi
Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
NO
|
Kompetensi
Dasar (KD)
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi (IPK)
|
1.
|
1.1
Terbiasa membaca al-Qur’an dengan meyakini
bahwa Allah akan meninggikan derajat orang yang beriman dan berilmu.
|
1.1.1
Melafalkan Q.S. ar-Rahman/55:33 dan Q.S. al-Mu-jadalah/58:11.
1.1.2
Menjelaskan hukum bacaan “Alif Lam” dalam Q.S. ar-Rahman/55:33
dan Q.S. al-Mu-jadalah/58:11.
|
2.
|
2.1. Menghayati
perilaku semangat menuntut ilmu sebagai implementasi Q.S. al-Mujadalah /58:
11, Q.S. ar-Rahman /55: 33 dan hadis terkait
|
2.1.1
Menjelaskan makna Q.S. ar-Rahman/55:33 dan Q.S.
al-Mujadalah/58:11 serta hadis tentang menuntut ilmu.
2.1.2
Mengidentifikasi hukum bacaan mad dalam Q.S. ar-Rahman/55:33 dan
Q.S. al-Mujadalah/58:11.
|
3.
|
3.1.
Memahami makna Q.S. al-Mujadalah /58: 11, Q.S. ar-Rahman/55:
33 serta hadis terkait tentang menuntut ilmu
|
3.1.1
Menjelaskann arti Q.S. ar Rahman/55:33 dan Q.S.
al-Mujadalah/58:11 serta hadis tentang menuntut ilmu.
|
4.
|
4.1.1. Membaca
Q.S. al-Mujadalah /58: 11, Q.S. ar-Rahman /55: 33 dengan tartil.
|
4.1.1.1
Menunjukan bacaan Q.S. ar-Rahman/55:33 dan Q.S.
al-Mujadalah/58:11 dengan tartil.
|
5.
|
4.1.2.
Menunjukkan hafalan Q.S.
al-Mujadalah /58: 11, Q.S. ar-Rahman /55: 33 serta hadis terkait dengan
lancar.
|
4.1.2.1
Mendemontrasikan hafalan Q.S. ar-Rahman/55:33 dan Q.S.
al-Mujadalah/58:11 dengan lancar.
|
6.
|
4.1.3.
Menyajikan keterkaitan semangat menuntut ilmu dengan pesan Q.S. al-Mujadalah /58: 11,
Q.S. ar-Rahman /55: 33.
|
4.1.3.1
Menampilkan contoh perilaku semangat menuntut ilmu sebagai
implementasi Q.S. ar-Rahman/55:33 dan Q.S. al-Mujadalah/58:11, serta hadis
terkait.
|
C. Tujuan
Pembelajaran
1.
Pertemuan
Pertama
Melalui
model kegiatan pembelajaran dicovery
learningpesertadidik dapat:
1. Menunjukan
bacaan Q.S. ar-Rahman/55:33 dan Q.S. al-Mujadalah/58:11 dengan tartil.
2. Menjelaskan
hukum bacaan “Alif lam” dalam Q.S. ar-Rahman/55:33 dan Q.S.
al-Mu-jadalah/58:11.
3. Mengidentifikasi
hukum bacaan “Alif lam” dalam Q.S. ar-Rahman/55:33 dan Q.S. al-Mujadalah
2.
Pertemuan
Kedua
Setelah mengikutiserangkaian kegiatan pembelajaran pesertadidik dapat:
1. Menyebutkan
arti Q.S. ar-Rahman/55:33 dan Q.S. al-Mujadalah/58:11 serta hadis tentang
menuntut ilmu.
2. Menjelaskan
makna Q.S.ar-Rahman/55:33 dan Q.S.al-Mujadalah/58:11 serta hadis tentang
menuntut ilmu.
3.
Pertemuan
Ketiga
Setelah mengikutiserangkaian kegiatan pembelajaran pesertadidik dapat:
1.
Mendemontrasikan hafalan Q.S. ar-Rahman/55:33
dan Q.S. al-Mujadalah/58:11 dengan lancar.
2.
Menampilkan contoh perilaku semangat menuntut
ilmu sebagai implementasi Q.S. ar-Rahman/55:33 dan Q.S. al-Mujadalah/58:11,
serta hadis terkait
Karakter yang diharapkan
1.
Religius
2.
Kesantunan
3.
Tanggung
jawab
4.
Kedisiplinan
D. Materi
Pembelajaran
1. Materi Pembelajaran Reguler
1.
Fakta
· Q.S. Ar-Rahman/55: 33 dan Q.S. Al-Mujadalah/58:11
2.
Konsep
· Perilaku
Orang yang Cinta Ilmu Pengetahuan
· Menuntut
ilmu itu kewajiban bagi setiap seorang Islam
3.
Prinsip
· Memahami
al-Qur’an
4.
Prosedur
· Mengartikan Membaca Q.S. ar-Rahman/55: 33
dan Q.S. Al-Mujadalah/58:11
2. Materi Pembelajaran Remedial
· Mari
Memahami al-Qur’an
· Perilaku Orang yang Cinta Ilmu Pengetahuan
3. Materi Pembelajaran Pengayaan
· Peserta didik diminta mencari hukum bacaan “Alif lam Qomariah dan Alif lam Syamsiah”
E.
Metode
Pembelajaran
Model Pembelajaran : Discovery Learning
(Pembelajaran Penemuan)
F.
Media, Bahan
dan Alat
1.
Media
LCD projector,
2.
Laptop,
3.
Bahan
Tayang
G.
Sumber Belajar
1.
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku
Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam & budi Pekerti. Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2.
Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku
Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam & budi Pekerti. Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
3.
Al-Qur’an
4.
Al-Hadits
5.
Modul/bahan
ajar,
6.
Internet,
7. Sumber lain yang relevan
H.
Langkah-langkah
Pembelajaran
Pertemuan Pertama (3JP)
Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1.
Guru membuka pelajaran
dengan salam dan berdoa bersama dipipin oleh seorang peserta didik denga penuh
hidmat
2.
Guru memulai pembelajaran
dengan pembacaan Al-Quran surat ayat pilihan yang dipipmpin oleh salah seorang
peserta didik
3.
Guru memperhatikan
kesiapan peserta didik dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kehadiran,
kerapihan pakaian posisi dan tempat duduk peserta didik
4.
Guru memberikan motivasi
dan mengajukan pertanyaan secara komunikatif yang berkaitan dengan materi.
5.
Guru menyampaikan
kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
6.
Guru mengkondisikan
peserta didik untuk duduk secara berkelompok
7.
Menyampaikan tahapan
kegiatan yamg akan dilaksanakan dalam pembelajaran.
Guru memberikan
kesempatan kepada peserta didik untuk membaca (literasi)
·
Menyusun pertanyaan
1. Guru memberikan kesempatan kepada
siswa untuk mendengarkan pembacaan Q.S.
al-Mujādilah /58: 11 dan Q.S. ar-Rahmān /55: 33 dengan tartil.
2. Guru memberikan kesempatan kepada
siswa untuk menuliskan hal-hal yang ingin diketahui yang relevan berkaitan
dengan tujuan pembelajaran pada lembar kerja siswa.
3. Siswa merumuskan tentang hukum
bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah.
·
Merencanakan
1. Siswa membaca Q.S.al-Mujādalah
/58:11 dan Q.S.ar-Rahmān /55:33 dengan tartil.
2. Mengidentifikasi hukum bacaan
“Al” Syamsiyah dan “Al”Qamariyah pada Q.S. al-Mujādilah /58:11 dan Q.S.ar-Rahmān
/55:33
·
Mengumpulkan dan menganalisis
data
1. Siswa mengklasifikasikan antara
“Al” Syamsiyah dan “Al”Qamariyah.
2. Menuliskan contoh yang termasuk
kedalam hukum bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah.
·
Menarik simpulan
1. Siswa mengambil kesimpulan dari
hasil pengamatan, mengeai pengertian, huruf dan contoh bacaan “Al” Syamsiyah
dan “Al” Qamariyah.
·
Aplikasi dan tindak lanjut
1. Siswa mampu
menerapkan dan membedakan antara pembacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah
Kegiatan
Penutup (10 menit)
1.
Dibawah bimbingan guru
peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran
2.
Bersama-sama melakukan
repleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan
3.
Guru memberikan reward
kepada kelompok terbaik yang dapat menentukan dan membacakan hukum bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al”
Qamariyah pada membaca Q.S. al-Mujādalah /58: 11 dan Q.S. ar-Rahmān /55: 33.
4.
Guru menjelaskan materi
yang akan dipelajari pada pertemuan mengenai deskripsi arti dan makna kandungan
ayat Q.S.
al-Mujādalah /58: 11 dan Q.S. ar-Rahmān /55: 33.
5.
Bersama-sama menutup
pelajaran dengan berdo’a
Pertemuan Kedua (3 JP)
Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1.
Guru membuka pelajaran
dengan salam dan berdoa bersama dipipin oleh seorang peserta didik denga penuh
hidmat
2.
Guru memulai pembelajaran
dengan pembacaan Al-Quran surat ayat pilihan yang dipipmpin oleh salah seorang
peserta didik
3.
Guru memperhatikan
kesiapan peserta didik dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kehadiran,
kerapihan pakaian posisi dan tempat duduk peserta didik
4.
Guru memberikan motivasi
dan mengajukan pertanyaan secara komunikatif yang berkaitan dengan materi
sebelumnya mengenai hukum bacaan “Alif Lam Qomariah dan “Alif Lam Syamsiah”
dalam Q.S.
al-Mujādalah /58: 11 dan Q.S. ar-Rahmān /55: 33.
5.
Guru menyampaikan
kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
6.
Guru mengkondisikan
peserta didik untuk duduk secara berkelompok
7.
Menyampaikan tahapan
kegiatan yamg akan dilaksanakan dalam pembelajaran.
Kegiatan Inti (60 menit)
Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik
untuk membaca (literasi)
1. Siswa secara berkelompok mengerjakan tugas
untuk menelaah
arti dan makna kandungan Q.S. al-Mujādalah /58: 11 dan Q.S. ar-Rahmān /55: 33Guru memandu tugas siswa membagi tugas peserta
didik dalam kelompok. Siswa menggunakan referensi dari Al- Qur’an terjemaah dan buku siswa.
2. Kelompok siswa yang paling cepat menyelesaikan
tugasnya diminta melakukan presentasi di depan kelas. Siswa lainnya menyimak
dan memberikan masukan atau tanggapan. Guru memandu jalannya presentasi dan
diskusi antar siswa, melakukan konfirmasi dan menyimpulkan hasilnya.
Kegiatan Penutup (10 menit)
1.
Dibawah bimbingan guru
peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran
2.
Bersama-sama melakukan
repleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan
3.
Guru memberikan reward
kepada kelompok terbaik yang dapat memahami arti dan makna yang dikandung Q.S. al-Mujādalah /58: 11 dan
Q.S. ar-Rahmān /55: 33.
4.
Guru menjelaskan materi
yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya mengenai contoh implementasi
kandungan ayat QS. al-Mujādalah /58: 11 dan Q.S. ar-Rahmān /55: 33.
5.
Guru
memberikan tugas kepada siswa untuk menghafal ayat pilihan QS. al-Mujādalah /58: 11 dan
Q.S. ar-Rahmān /55: 33.
6.
Bersama-sama menutup
pelajaran dengan berdo’a
Pertemuan
Ketiga (3 JP)
Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1.
Guru membuka pelajaran
dengan salam dan berdoa bersama dipipin oleh seorang peserta didik denga penuh
hidmat
2.
Guru memulai pembelajaran
dengan pembacaan Al-Quran surat ayat pilihan yang dipipmpin oleh salah seorang
peserta didik
3.
Guru memperhatikan
kesiapan peserta didik dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kehadiran,
kerapihan pakaian posisi dan tempat duduk peserta didik
4.
Guru memberikan motivasi
dan mengajukan pertanyaan secara komunikatif yang berkaitan dengan materi
sebelumnya mengenai arti dan kandungan dalam Q.S. al-Mujādalah /58: 11 dan Q.S. ar-Rahmān
/55: 33 .
5.
Guru menyampaikan
kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
6.
Guru mengkondisikan
peserta didik untuk duduk secara berkelompok
7.
Menyampaikan tahapan
kegiatan yamg akan dilaksanakan dalam pembelajaran.
Kegiatan Inti (100 menit)
Guru
memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk membaca (literasi)
1. Setiap
kelompok siswa dengan panduan untuk
mendemontrasikan hafalan ayat pilihan QS. al-Mujādalah /58: 11 dan
Q.S. ar-Rahmān /55: 33. Secara berkelompok dan
dilanjutkan secara individu.
2.Setiap kelompok siswa
mempresentasikan hasil analisis dan contoh
prilaku semangat mencari ilmu sebagia implementasidari arti dan kandungan ayat QS. al-Mujādalah /58: 11 dan Q.S. ar-Rahmān /55: 33. Siswa
lainnya menyimak serta memberikan masukan atau tanggapan. Guru memandu jalannya
presentasi dan diskusi.
3.Guru melakukan konfirmasi sebagai
bentuk bimbingan proyek secara klasikal serta menyimpulkan hasil diskusi.
Kegiatan Penutup (10 menit)
Dibawah
bimbingan guru peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran
1.
Bersama-sama melakukan
repleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan
2.
Guru memberikan reward
kepada kelompok terbaik yang dapat memahami arti dan makna yang dikandung Q.S. al-Mujādalah /58: 11 dan
Q.S. ar-Rahmān /55: 33.
3.
Guru menjelaskan materi
yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya mengenai contoh implementasi
kandungan ayat QS. al-Mujādalah /58: 11 dan Q.S. ar-Rahmān /55: 33.
4.
Guru
memberikan evaluasi sebagai konfirmasi pembelajaran.
5.
Bersama-sama menutup pelajaran
dengan berdo’a
I. Penilaian
1.
Teknik
penilaian
a. Sikap (spiritualdan sosial)
No.
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Butir Instrumen
|
Waktu Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1
|
Observasi
|
Lembar Observasi
|
Lampiran 1
|
Saat pembelajaran berlangsung.
|
Penilaian untuk dan pencapaian pembelajaran (assessment for and of learning)
|
2
|
Penilaian diri
|
Lembar penilaian diri
|
Lampiran 2
|
Saat pembelajaran usai.
|
Penilaian sebagai pembelajaran (assessment as learning)
|
3
|
Penilaian antarteman
|
Lembar penilaian antarteman
|
Lampiran 3
|
Setelah pembelajaran usai.
|
Penilaian sebagai pembelajaran (assessment as learning)
|
No.
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Butir
Instrumen
|
Waktu Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1
|
Observasi
|
Jurnal
|
Lampiran 4
|
Saat pembelajaran berlangsung
|
Penilaian untuk dan pencapaian pembelajaran (assessment
for and of learning)
|
2
|
Penilaian diri
|
Lembar penilaian diri
|
Lampiran 5
|
Saat pembelajaran usai
|
Penilaian sebagai pembelajaran (assessment as
learning)
|
3
|
Penilaian antarteman
|
Lembar penilaian antarteman
|
Lampiran 6
|
Setelah pembelajaran usai
|
Penilaian sebagai pembelajaran (assessment as
learning)
|
No.
|
Waktu
|
Nama
Siswa
|
Catatan
Observasi
|
Butir Sikap
|
Tindak lanjut
|
1
|
|||||
2
|
·
|
||||
Dst.
|
b. Pengetahuan
No
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Butir Instrumen
|
Waktu Pelaksanaan
|
Ket.
|
Lisan
|
Pertanyaan (lisan) dengan jawaban terbuka
|
1. Siapakah yang bisa
menjelaskan apa yang dimaksud dengan buah segar?
2. Siapakah yang bisa
menjelaskan apa yang dimaksud dengan buah klimaterik?
3. Siapakah yang bisa
menjelaskan kandungan gizi dan manfaat jambu biji?
|
Saat pembelajaran berlangsung
|
Penilaian untuk pembelajaran (assessment
for learning)
|
|
Penugas-an
|
Pertanyaan dan/atau tugas tertulis berbentuk esei, pilihan ganda,
benar-salah, menjodohkan, isian, dan/atau lainnya
|
Buatlah makanan dari bahan
pangan buah segar!
|
Saat pembelajaran berlangsung
|
Penilaian untuk pembelajaran (assessment
for learning) dan sebagai pembelajaran (assessment as learning)
|
|
Tertulis
|
Pertanyaan dan/atau tugas tertulis berbentuk esei, pilihan ganda,
benar-salah, menjodohkan, isian, dan/atau lainnya
|
1. Jelaskan yang dimaksud
buah segar!
2. Sebutkan 4 macam buah
yang termasuk dalam
golongan buah non klimaterik!
3. Jelaskan teknik memasak
steaming!
|
Setelah pembelajaran usai
|
Penilaian pencapaian pembelajaran (assessment
of learning)
|
|
Portofolio
|
Sampel pekerjaan terbaik hasil dari penugasan atau tes tertulis
|
Carilah resep
makanan yang dibuat dari bahan pangan buah segar dari berbagai sumber,
misalnya dari perpustakaan, observasi dan wawancara terhadap penjual makanan atau melalui browsing internet. Kumpulkan hasil tugas tersebut minggu depan.
|
Saat pembelajaran usai
|
Data untuk penulisan deskripsi pencapaian pengetahuan (assessment of learning)
|
c. Keterampilan
No
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Butir Instrumen
|
Waktu Pelaksanaan
|
Ket.
|
1
|
Proyek
|
Tugas besar
|
Buatlah satu macam makanan dari bahan pangan buah segar!
|
Selama atau usai pembelajaran berlangsung
|
Penilaian untuk, sebagai, dan/atau pencapaian pembelajaran (assessment for, as, and of learning)
|
2
|
Porto-folio
|
Sampel produk terbaik dari tugas atau proyek
|
Buatlah laporan tentang pembuatan makanan dari bahan pangan buah yang
telah kalian praktikkan!
|
Saat pembelajaran usai
|
Penilaian untuk pembelajaran dan sebagai data untuk penulisan deskripsi
pencapaian keterampilan
|
2.
Pembelajaran
Remedial
Berdasarkan hasil analisis penilaian, bagi siswa yang
belum mencapai ketuntasan
belajardiberikan kegiatan pembelajaran dengan bentuk remedial, yaitu:
a. Pembelajaran ulang, jika 50% atau lebih siswa belum mencapai ketuntasan.
b. Pemanfaatan tutor sebaya, jika 11-49% siswa belum mencapai ketuntasan.
c. Bimbingan perorangan, jika 1-10% siswa belum mencapai ketuntasan.
3.
Pembelajaran
Pengayaan
Berdasarkan hasil analisis
penilaian, bagi siswa yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberikan kegiatan
pembelajaran dengan bentuk pengayaan yaitu tugas berupa proyek (merencanakan, membuat produk dan laporan)
pembuatan satu macam makanan dari bahan pangan buah segar yang lain.
Jakarta, .......................... 2016
Mengetahui
Kepala SMP
______________________________
NIP. ...
|
Guru Mata Pelajaran
______________________
NIP. ...
|
Lampiran Lembar Kerja Siswa (LKS) 1
LK-1 diberikan pada
pertemuan 1
Petunjuk
1)
Bacalah BAB Vpada Buku Siswa -Pengolahan Bahan Pangan Buah
Menjadi Makanan dan Minuman
2)
Diskusikan bersama dengan kelompok kalian tentang
identifikasi, klasifikasi, dan kandungan gizi buah-buahan yang ada di sekitar
tempat tinggal kalian.
3)
Isilah tabel berikut.
No
|
Buah
Berdasarkan Sifat
|
Kandu-Ngan
Gizi
|
Manfaat
|
||||||
Nama
Buah
|
Musim
|
Iklim
Tempat Tumbuh
|
Proses
Pematangan
|
||||||
Musim-an
|
Sepanjang
tahun
|
Tro-pis
|
Sub
tropis
|
Klima-terik
|
Non
klima-
terik
|
||||
1
|
|||||||||
2
|
|||||||||
3
|
|||||||||
4
|
|||||||||
5
|
|||||||||
Dst…
|
Lampiran: Lembar Kerja
Siswa (LKS) 2
LK-2 diberikan pada
pertemuan 2
Petunjuk
1)
Bacalah BAB Vpada Buku Siswa - Pengolahan Bahan Pangan Buah
menjadi Makanandan Minuman
2)
Diskusikan bersama dengan kelompok kalian tentang
identifikasi, jenis, teknik pengolahan, tahapan
pembuatan, penyajian dan pengemasanmakanan dari bahan pangan buah segar yang
ada di sekitar tempat tinggal kalian.
3)
Isilah tabel 1, 2,
dan 3.
Tabel 1: Buah segar dan makanan yang bisa dibuat darinya
No
|
Jenis Buah
|
Jenis Makanan
|
1
|
||
2
|
||
3
|
Dst…
|
Tabel 2: Teknik pengolahan makanan dari bahan pangan
buah segar
No
|
Nama Teknik
|
Nama makanan dari bahan
pangan buah segar
|
1
|
||
2
|
||
3
|
Dst…
|
Tabel 3: Tahapan pembuatan, penyajian, dan kemasan
makanan dari bahan pangan buah segar
No
|
Jenis Makanan
|
Perencanaan
|
Pelaksanaan
|
Penyajian
|
Pengemasan
|
1
|
Rujak buah ulek
|
….
|
….
|
Alat:
….
Bahan:
…
|
Alat:
….
Bahan:
…
…dst
|
2
|
…
|
||||
3
|
…dst…
|
Lampiran: Lembar Kerja
Siswa (LKS) 3
LK-3 diberikan pada
pertemuan 3
Petunjuk
- Diskusikan
bersama dengan teman satu kelompok kerja kalian tentang perencanaan proyek
yang akan kerjakan.
- Isilah
LK-3 sebagai panduan perencanaan proyek yang akan dikerjakan.
Lembar Kerja Siswa (
LK-3) Perencanaan Pembuatan …………………….
Nama Kelompok/
Kelas:…/ …
Ketua :…
Sekretaris :…
Bendahara :…
Anggota : 1….
2….
1.
Identifikasi Kebutuhan:
a.
Bahan:
1)
…
2)
…
3)
Dst.
b.
Alat:
1)
…
2)
…
3)
Dst.
2.
Tahapan Pembuatan
Makanan ….
a.
….
b.
….
c.
….
3.
Rancangan Anggaran
Biaya
No
|
Nama
Bahan
|
Satuan
|
Harga
Perkiraan
|
Harga
Sesungguhnya
|
Ket
|
1
|
Rp…
|
Rp….
|
|||
2
|
|||||
3
|
|||||
Jumlah
|
Rp…
|
Rp….
|
4.
Pembagian Tugas Kelompok
No
|
Nama
|
Deskripsi
Tugas
|
Keterangan
|
1
|
|||
2
|
|||
3
|
|||
4
|
Lampiran Instrumen Penilaian
Instrumen Penilaian Sikap (spiritual dan sosial)
Petunjuk:
a.
Amatiperkembangan
sikap siswa
menggunakan instrumen jurnal pada
setiap pertemuan.
b.
Isi
jurnal dengan menuliskan sikap atau perilaku siswa yang menonjol, baik yang
positif maupun yang negatif.
Untuk siswa yang pernah memiliki catatan perilaku kurang baik dalam jurnal,
apabila telah menunjukkan perilaku (menuju) yang diharapkan, perilaku tersebut
dituliskan dalam jurnal (meskipun belum menonjol).
No.
|
Waktu
|
Nama
Siswa
|
Catatan Perilaku
|
Butir Sikap
|
Tanda tangan
|
Tindak lanjut
|
1
|
||||||
2
|
·
|
|||||
Dst.
|
Instrumen Penilaian Pengetahuan
1.
Teknik : Tes Tertulis
2.
Bentuk : Soal Esai
3.
Kisi-kisi
No
|
Indikator
|
Jumlah
Butir
Soal
|
Nomor Butir
Soal
|
1.
|
Mendeskripskan pengertian bahan pangan buah segar
|
1
|
1
|
2.
|
Mengklasifikasi jenis bahan pangan buah berdasarkan karakteristiknya
|
3
|
2,3,4
|
3.
|
Menguraikan manfaat bahan pangan buah segar
|
1
|
5
|
4.
|
Mengidentifikasi jenis makanan dari buah segar yang terdapat di
wilayah setempat
|
1
|
6
|
5.
|
Menguraikan
teknik pengolahan bahan pangan dari buah segar
yang ada di wilayah setempat
|
1
|
7
|
6.
|
Menguraikan
tahapan pengolahan bahan pangan dari buah
segar yang
ada di wilayah setempat
|
1
|
8
|
7.
|
Mendeskripsikan
pengemasan dan penyajian makanan dari
buah segar
yang ada di wilayah setempat
|
1
|
9
|
8.
|
Menjelaskan
prinsip sanitasi dan hiegine dalam pembuatan
makanan dan
minuman segar dari buah
|
1
|
10
|
JUMLAH
|
10
|
4. Soal Tes Uraian
Kerjakan soal berikut dengan singkat dan benar.
a.
Jelaskan yang dimaksud dengan bahan pangan buah segar!
b.
Jelaskan penggolongan buah berdasarkan musimnya!
c.
Jelaskan penggolongan buah berdasarkan iklim tempat
tumbuhnya!
d.
Jelaskan penggolongan buah berdasarkan proses
pematangannya!
e.
Jelaskan manfaat buah jambu biji!
f.
Sebutkan 4 jenis makanan yang dapat dibuat dari bahan
pangan buah segar!
g.
Jelaskan 4 teknik pengolahan bahan pangan dari buah
segar!
h.
Jelaskan tahapan pengolahan bahan pangan dari buah segar menjadi rujak buah uleg yang ada di wilayah setempat!
i.
Deskripsikan
pengemasan dan penyajian makanan dari
buah segar yang ada di wilayah setempat!
j.
Jelaskan
prinsip sanitasi dan hiegine dalam pembuatan makanan dari buah segar!
5.
Kunci jawaban
a.
Secara harfiah pengertian dari buah segar adalah bahan pangan yang tidak memerlukan pengolahan sudah dapat dikonsumsi secara langsung. Buah segar
dapat dimakan langsung tanpa diolah terlebih dulu, karena rasanya sudah
beraneka, segar, bentuk dan warnanya menarik.
b.
Penggolongan buah berdasarkan musimnya yang hanya ada di waktu musim tertentu. Pada suatu saat berbuah banyak
dan pada saat lain tidak berbuah sama sekali. Contohnya adalah buah durian, mangga,
kedondong, duku, dan rambutan.
c.
Penggolongan
buah berdasarkan iklim tempat tumbuhnya
1) Buah tropis, buah-buahan dari tanaman
yang tumbuh di iklim panas atau tropis dengan suhu udara sekitar 25°C atau
lebih. Contohnya pisang, pepaya, nanas, mangga, rambutan, dan durian.
2) Buah subtropis, buah dari tanaman yang
tumbuh di iklim sedang atau di daerah yang mempunyai suhu udara maksimum 22°C.
Contohnya apel, jeruk, stroberi, anggur, dan sebagainya.
d. Penggolongan buah berdasarkan proses pematangannya
1) Buah klimaterik ditandai dengan perubahan warna, tekstur dan bau
buah. Contohnya pisang, mangga, pepaya, jambu biji, apel dan sebagainya.
2) Buah non klimaterik, yaitu buah yang setelah dipanen tidak akan
mengalami proses pematangan tetapi langsung ke arah pembusukan. Contohnya
semangka, anggur, jambu air, dan nanas.
e.
Manfaat buah jambu biji adalah:
1) Buah jambu biji memiliki
kandungan senyawa antioksidan yang sangat tinggi yang dihasilkan oleh kandungan
vitamin C, kandungan vitamin C sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk pembentukan
sintesis kolagen di dalam tubuh. Kolagen merupakan protein yang di butuhkan
oleh tubuh dalam menjaga integritas pada pembuluh darah, kulit, tulang dan
organ tubuh lainnya.
2) Buah jambu biji juga sangat
berkhasiat dalam menjaga kesehatan pencernaan, karena di dalam buah jambu biji
mengandung serat alami yang sangat bermanfaat dalam melancarkan system
pencernaan seperti susah BAB, sembelit serta membuang zat-zat berbahaya di
dalam usus.
3) Buah jambu biji juga kaya
akan vitamin B kompleks, sehingga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan
tubuh.
4) Selain itu, buah jambu biji
juga sangat berkhasiat dalam menurunkan tekanan darah tinggi, karena di dalam
buah jambu biji terdapat kandungan kalium yang mampu menstabilkan tekanan
darah.
f.
4 jenis makanan yang dapat dibuat dari bahan pangan
buah segar
1)
Manisan buah
2)
Puding buah
3)
Keripik buah
4)
Rujak buah
g.
4 teknik pengolahan bahan pangan dari buah segar
1)
Direbus
2)
Digoreng
3)
Dipanggang
4)
Dikukus
h.
Tahapan
pengolahan bahan pangan dari buah segar yang ada di wilayah setempat
Pembuatan rujak buah uleg meliputi :
1)
Persiapan
pengolahan (alat dan bahan)
2)
Membersihkan
buah dengan cara pengupasan dan pencucian
3)
Pembuatan bumbu
4)
Pemotongan buah
5)
Pencampuran
potongan buah dan bumbu
6)
Penyajian
7)
Pengemasan
dan penyajian makanan dari buah segar
yang ada di wilayah setempat
i.
Pengemasan dan
penyajian makanan dari buah segar menggunakan bahan pengemas yang aman dan
menarik.
j.Prinsip sanitasi dan higine dalam pembuatan makanan dari buah segar
meliputi:
1)
Sanitasi dan
higiene perorangan
2)
Sanitasi dan
higiene alat dan bahan
3)
Sanitasi dan
higiene proses pengolahan
4)
Sanitasi dan
higiene lingkungan
6.
Rubrik
Penilaian
No. Soal
|
Deskriptor
|
Skor
|
1
|
Jika jawaban lengkap:
Secara harfiah pengertian dari buah
segar adalah bahan pangan yang tidak memerlukan pengolahan sudah
dapat dikonsumsi secara langsung. Buah segar dapat dimakan langsung tanpa
diolah terlebih dulu, karena rasanya sudah beraneka, segar, bentuk dan
warnanya menarik.
|
Skor 10
|
Jika jawaban kurang
lengkap:
Buah
segar dapat dimakan langsung tanpa diolah terlebih dulu, karena rasanya sudah
segar
|
Skor 7,5
|
|
Jika jawaban kurang
lengkap:
Secara
harfiah pengertian dari buah segar adalah bahan
pangan yang tidak memerlukan pengolahan
|
Skor 5,0
|
|
Jika jawaban kurang
lengkap:
Buah segar adalah bahan pangan yang bisa dimakan
|
Skor 2,5
|
|
Jika tidak menjawab
|
Skor 0
|
|
2
|
Jika jawaban lengkap
Penggolongan buah berdasarkan
musimnya yang hanya ada di waktu musim tertentu. Pada suatu saat berbuah
banyak dan pada saat lain tidak berbuah sama sekali. Contohnya buah durian,
mangga, kedondong, duku, dan rambutan.
|
Skor 10
|
Jika jawaban kurang lengkap
Penggolongan buah berdasarkan
musimnya yang hanya ada di waktu musim tertentu. Contoh: buah durian, mangga, kedondong, duku, dan
rambutan.
|
Skor 7,5
|
|
Jika jawaban kurang lengkap
Pada musimnya berbuah banyak
dan pada saat lain tidak berbuah sama sekali. Contohnya buah durian, mangga,
kedondong, duku, dan rambutan.
|
Skor 5,0
|
|
Jika jawaban kurang lengkap
Buah yang hanya ditemukan saat tertentu.
Contoh: buah durian, mangga,
kedondong, duku, dan rambutan.
|
Skor 2,5
|
|
Jika tidak menjawab
|
Skor 0
|
3
|
Jika jawaban lengkap
Penggolongan buah berdasarkan
iklim tempat tumbuhnya
a.
Buah tropis, buah-buahan dari tanaman yang tumbuh di iklim
panas atau tropis dengan suhu udara sekitar 25°C atau lebih. Contohnya
pisang, pepaya, nanas, mangga, rambutan, dan durian.
b.
Buah
subtropis, buah dari
tanaman yang tumbuh di iklim sedang atau di daerah yang mempunyai suhu udara
maksimum 22°C. Contohnya apel, jeruk, stroberi, anggur, dan sebagainya.
|
Skor 10
|
Jika jawaban kurang lengkap
Penggolongan buah berdasarkan
iklim tempat tumbuhnya
Buah tropis, buah-buahan dari
tanaman yang tumbuh di iklim panas atau tropis dengan suhu udara sekitar 25°C
atau lebih. Contohnya pisang, pepaya, nanas, mangga, rambutan, dan durian.
|
Skor 7,5
|
|
Jika jawaban kurang lengkap
Buah subtropis, buah dari tanaman yang tumbuh
di iklim sedang atau di daerah yang mempunyai suhu udara maksimum 22°C.
Contohnya apel, jeruk, stroberi, anggur, dan sebagainya.
|
Skor 5,0
|
|
Jika jawaban kurang lengkap
Contoh apel, jeruk, stroberi, anggur, dan
sebagainya.
|
Skor 2,5
|
|
Jika tidak menjawab
|
Skor 0
|
|
4
|
Jika jawaban lengkap:
Penggolongan buah berdasarkan
proses pematangannya
a.
Buah klimaterik ditandai dengan perubahan warna, tekstur dan bau
buah. Contohnya pisang, mangga, pepaya, jambu biji, apel dan sebagainya.
b.
Buah non klimaterik, yaitu
buah yang setelah dipanen tidak akan mengalami proses pematangan tetapi
langsung ke arah pembusukan. Contohnya semangka, anggur, jambu air, dan
nanas.
|
Skor 10
|
Jika jawaban lengkap:
Penggolongan buah berdasarkan
proses pematangannya
Buah klimaterik ditandai dengan perubahan warna, tekstur dan bau
buah. Contohnya pisang, mangga, pepaya, jambu biji, apel dan sebagainya.
|
Skor 7,5
|
|
Jika jawaban kurang
lengkap:
Buah non klimaterik, yaitu buah yang setelah dipanen tidak akan mengalami proses
pematangan tetapi langsung ke arah pembusukan. Contohnya semangka, anggur,
jambu air, dan nanas.
|
Skor 5,0
|
|
Jika jawaban kurang
lengkap:
Contohnya pisang, mangga, pepaya, jambu biji, apel
dan sebagainya.
|
Skor 2,5
|
|
Jika tidak menjawab
|
Skor 0
|
|
5
|
Jika siswa dapat
menyebutkan 4manfaat jambu biji dengan benar minimal sesuai dengan kunci
jawaban
a.
Buah
jambu biji memiliki kandungan senyawa antioksidan yang sangat tinggi yang
dihasilkan oleh kandungan vitamin C, kandungan vitamin C sangat dibutuhkan
oleh tubuh untuk pembentukan sintesis kolagen di dalam tubuh. Kolagen
merupakan protein yang di butuhkan oleh tubuh dalam menjaga integritas pada
pembuluh darah, kulit, tulang dan organ tubuh lainnya.
b.
Buah
jambu biji juga sangat berkhasiat dalam menjaga kesehatan pencernaan, karena
di dalam buah jambu biji mengandung serat alami yang sangat bermanfaat dalam
melancarkan system pencernaan seperti susah BAB, sembelit serta membuang
zat-zat berbahaya di dalam usus.
c.
Buah
jambu biji juga kaya akan vitamin B kompleks, sehingga sangat bermnafaat
untuk menjaga kesehatan tubuh.
d.
Selain
itu, buah jambu biji juga sangat berkhasiat dalam menurunkan tekanan darah
tinggi, karena di dalam buah jambu biji terdapat kandungan kalium yang mampu
menstabilkan tekanan darah.
|
Skor 10
|
Jika siswa dapat
menyebutkan 3manfaat jambu biji dengan benar minimal sesuai dengan kunci
jawaban
|
Skor 7,5
|
|
Jika siswa dapat
menyebutkan 2manfaat jambu biji dengan benar minimal sesuai dengan kunci
jawaban
|
Skor 5,0
|
|
Jika siswa dapat
menyebutkan 1manfaat jambu biji dengan benar minimal sesuai dengan kunci
jawaban
|
Skor 2,5
|
|
Jika tidak menjawab
|
Skor 0
|
|
6
|
Jika siswa dapat
menyebutkan 4jenis makanan yang dibuat dari bahan pangan buah
segar dengan benar
minimal sesuai dengan kunci jawaban
4 jenis makanan yang dapat
dibuat dari bahan pangan buah segar
a.
Manisan buah
b.
Puding buah
c.
Keripik buah
d.
Rujak buah
|
Skor 10
|
Jika siswa dapat
menyebutkan 3jenis makanan yang dibuat dari bahan pangan buah
segar dengan benar
minimal sesuai dengan kunci jawaban
|
Skor 7,5
|
|
Jika siswa dapat
menyebutkan 2jenis makanan yang dibuat dari bahan pangan buah
segar dengan benar
minimal sesuai dengan kunci jawaban
|
Skor 5,0
|
|
Jika siswa dapat
menyebutkan 1jenis makanan yang dibuat dari bahan pangan buah
segar dengan benar
minimal sesuai dengan kunci jawaban
|
Skor 2,5
|
|
Jika tidak menjawab
|
Skor 0
|
|
7
|
Jika siswa dapat
menyebutkan 4teknik pengolahan buah dengan benar minimal
sesuai dengan kunci jawaban
4 teknik pengolahan bahan
pangan dari buah segar
a.
Direbus
b.
Digoreng
c.
Dipanggang
d.
Dikukus
|
Skor 10
|
Jika siswa dapat
menyebutkan 3teknik pengolahan buah dengan benar minimal
sesuai dengan kunci jawaban
|
Skor 7,5
|
|
Jika siswa dapat
menyebutkan 2teknik pengolahan buah dengan benar minimal
sesuai dengan kunci jawaban
|
Skor 5,0
|
|
Jika siswa dapat
menyebutkan 1teknik pengolahan buah dengan benar minimal
sesuai dengan kunci jawaban
|
Skor 2,5
|
|
Jika tidak menjawab
|
Skor 0
|
|
8
|
Jika jawaban lengkap:
Tahapan pengolahan bahan pangan
dari buah segar yang ada di wilayah setempat
Pembuatan rujak buah uleg meliputi :
a. Persiapan pengolahan (alat dan bahan)
b. Membersihkan buah dengan cara pengupasan dan
pencucian
c. Pembuatan bumbu
d. Pemotongan buah
e. Pencampuran potongan buah dan bumbu
f. Penyajian
|
Skor 10
|
Jika jawaban kurang lengkap:
Jika siswa dapat menyebutkan 3tahapan pengolahan
rujak buah dengan benar minimal sesuai dengan kunci jawaban
|
Skor 7,5
|
|
Jika jawaban kurang lengkap:
Jika siswa dapat menyebutkan 2tahapan pengolahan rujak buah dengan
benar minimal sesuai dengan kunci jawaban
|
Skor 5,0
|
|
Jika jawaban kurang lengkap:
Jika siswa dapat menyebutkan 1tahapan pengolahan rujak buah dengan
benar minimal sesuai dengan kunci jawaban
|
Skor 2,5
|
|
Jika tidak menjawab
|
Skor 0
|
7.
Kriteria Penskoran
Setiap butir soal memiliki rentang skor 1-10
Total skor apabila semua jawaban benar adalah 100
Instrumen Penilaian
Keterampilan
Instrumen Penilaian Proyek
Mata Pelajaran : Prakarya
(Pengolahan)
Materi :
Pengolahan makanan dari buah segar
Kelas : VII
Hari/Tanggal
:
Nama Kelompok :
Anggota Kelompok :
Lama Pengerjaan Proyek : 5 x
pertemuan
No.
|
ASPEK
|
Bobot
|
SKOR (1 - 5)
|
1
|
PERENCANAAN :
a. Kesesuaian Tema Proyek
b.
Persiapan
|
20%
|
|
2
|
PELAKSANAAN :
a. Penyusunan rancangan
penyelesaian proyek
b. Pemilihan alat dan bahan
c. Proses penyelesaian proyek
d.
Produk yang dihasikan
|
40%
|
|
3
|
LAPORAN PROYEK :
a.
Kesesuaian sistematika
b.
Kelengkapan data
c.
Penarikan kesimpulan
d.
Presentasi
|
40%
|
|
TOTAL SKOR
|
100%
|
Rubrik penskoran
Skor 1 : sangat kurang
Skor 2 : kurang
Skor 3 : cukup
Skor 4 : baik
Skor 5 : sangat baik
Belum ada Komentar untuk "Contoh RPP Kurikulum 2013 Mapel PAI SMP Lengkap Beserta Cara Penilaian.doc"
Posting Komentar