Contoh RPP Kurikulum 2013 Mapel PAI SMP Lengkap Beserta Cara Penilaian.doc

Berikut dibawah ini contoh RPP Kurtilas edisi revisi

Contoh RPP Kurikulum 2013 Lengkap Beserta Cara Penilaian.doc



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Sekolah                : SMP
Mata Pelajaran    : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/ Semester : VII/ Satu
Materi Pokok      : Semua bersih hidup jadi nyaman
Alokasi Waktu   : 2 Pertemuan (3 pertemuan)

A.    Kompetensi Inti
KI 1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
KI 2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
KI 3 Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
KI 4 Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori


B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

NO
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)
1.       
1.1                   Terbiasa membaca al-Qur’an dengan meyakini bahwa Allah akan meninggikan derajat orang yang beriman dan berilmu.
1.1.1         Melafalkan Q.S. ar-Rahman/55:33 dan Q.S. al-Mu-jadalah/58:11.
1.1.2        Menjelaskan hukum bacaan “Alif Lam” dalam Q.S. ar-Rahman/55:33 dan Q.S. al-Mu-jadalah/58:11.
2.       
2.1.  Menghayati perilaku semangat menuntut ilmu sebagai implementasi Q.S. al-Mujadalah /58: 11, Q.S. ar-Rahman /55: 33 dan hadis terkait
2.1.1        Menjelaskan makna Q.S. ar-Rahman/55:33 dan Q.S. al-Mujadalah/58:11 serta hadis tentang menuntut ilmu.
2.1.2        Mengidentifikasi hukum bacaan mad dalam Q.S. ar-Rahman/55:33 dan Q.S. al-Mujadalah/58:11.
3.       
3.1.  Memahami  makna Q.S. al-Mujadalah /58: 11, Q.S. ar-Rahman/55: 33 serta hadis terkait tentang menuntut ilmu
3.1.1       Menjelaskann arti Q.S. ar Rahman/55:33 dan Q.S. al-Mujadalah/58:11 serta hadis tentang menuntut ilmu.
4.       
4.1.1. Membaca Q.S. al-Mujadalah /58: 11, Q.S. ar-Rahman /55: 33 dengan tartil.
4.1.1.1  Menunjukan bacaan Q.S. ar-Rahman/55:33 dan Q.S. al-Mujadalah/58:11 dengan tartil.
5.       
4.1.2.    Menunjukkan hafalan Q.S. al-Mujadalah /58: 11, Q.S. ar-Rahman /55: 33 serta hadis terkait dengan lancar.
4.1.2.1  Mendemontrasikan hafalan Q.S. ar-Rahman/55:33 dan Q.S. al-Mujadalah/58:11 dengan lancar.

6.       
4.1.3.    Menyajikan keterkaitan  semangat menuntut ilmu   dengan pesan Q.S. al-Mujadalah /58: 11, Q.S. ar-Rahman /55: 33.
4.1.3.1  Menampilkan contoh perilaku semangat menuntut ilmu sebagai implementasi Q.S. ar-Rahman/55:33 dan Q.S. al-Mujadalah/58:11, serta hadis terkait.

C.      Tujuan Pembelajaran

1.    Pertemuan Pertama
Melalui model kegiatan pembelajaran dicovery learningpesertadidik dapat:
1.      Menunjukan bacaan Q.S. ar-Rahman/55:33 dan Q.S. al-Mujadalah/58:11 dengan tartil.
2.      Menjelaskan hukum bacaan “Alif lam” dalam Q.S. ar-Rahman/55:33 dan Q.S. al-Mu-jadalah/58:11.
3.      Mengidentifikasi hukum bacaan “Alif lam” dalam Q.S. ar-Rahman/55:33 dan Q.S. al-Mujadalah
2.    Pertemuan Kedua
Setelah mengikutiserangkaian kegiatan pembelajaran pesertadidik dapat:
1.      Menyebutkan arti Q.S. ar-Rahman/55:33 dan Q.S. al-Mujadalah/58:11 serta hadis tentang menuntut ilmu.
2.      Menjelaskan makna Q.S.ar-Rahman/55:33 dan Q.S.al-Mujadalah/58:11 serta hadis tentang menuntut ilmu.
3.      Pertemuan Ketiga
Setelah mengikutiserangkaian kegiatan pembelajaran pesertadidik dapat:
1.         Mendemontrasikan hafalan Q.S. ar-Rahman/55:33 dan Q.S. al-Mujadalah/58:11 dengan lancar.
2.         Menampilkan contoh perilaku semangat menuntut ilmu sebagai implementasi Q.S. ar-Rahman/55:33 dan Q.S. al-Mujadalah/58:11, serta hadis terkait
Karakter yang diharapkan
1.      Religius
2.      Kesantunan
3.      Tanggung jawab
4.      Kedisiplinan






D.      Materi Pembelajaran

1.      Materi Pembelajaran Reguler
1.      Fakta
·      Q.S. Ar-Rahman/55: 33 dan  Q.S. Al-Mujadalah/58:11
2.      Konsep
·      Perilaku Orang yang Cinta Ilmu Pengetahuan
·      Menuntut ilmu itu kewajiban bagi setiap seorang Islam

3.      Prinsip
·      Memahami al-Qur’an
4.      Prosedur
·      Mengartikan Membaca Q.S. ar-Rahman/55: 33 dan  Q.S. Al-Mujadalah/58:11
2.      Materi Pembelajaran Remedial
·      Mari Memahami al-Qur’an
·      Perilaku Orang yang Cinta Ilmu Pengetahuan
3.      Materi Pembelajaran Pengayaan
·      Peserta didik diminta mencari hukum bacaan “Alif lam Qomariah dan Alif lam Syamsiah”

E.     Metode Pembelajaran
            Model Pembelajaran   :  Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)

F.      Media, Bahan dan Alat
1.    Media LCD projector,
2.    Laptop,
3.    Bahan Tayang

G.    Sumber Belajar
1.    Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam & budi Pekerti. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
2.    Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Guru Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam & budi Pekerti. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
3.    Al-Qur’an
4.    Al-Hadits
5.    Modul/bahan ajar,
6.    Internet,
7.    Sumber lain yang  relevan

H.    Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan Pertama (3JP)

Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1.    Guru membuka pelajaran dengan salam dan berdoa bersama dipipin oleh seorang peserta didik denga penuh hidmat
2.    Guru memulai pembelajaran dengan pembacaan Al-Quran surat ayat pilihan yang dipipmpin oleh salah seorang peserta didik
3.    Guru memperhatikan kesiapan peserta didik dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kehadiran, kerapihan pakaian posisi dan tempat duduk peserta didik
4.    Guru memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan secara komunikatif yang berkaitan dengan materi.
5.    Guru menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai
6.    Guru mengkondisikan peserta didik untuk duduk secara berkelompok
7.    Menyampaikan tahapan kegiatan yamg akan dilaksanakan dalam pembelajaran.

Kegiatan Inti (100 menit)
Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk membaca (literasi)
·      Menyusun pertanyaan
1.    Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mendengarkan pembacaan  Q.S. al-Mujādilah /58: 11 dan Q.S. ar-Rahmān /55: 33 dengan tartil.
2.    Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menuliskan hal-hal yang ingin diketahui yang relevan berkaitan dengan tujuan pembelajaran pada lembar kerja siswa.
3.    Siswa merumuskan tentang hukum bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah.
·      Merencanakan
1.    Siswa membaca Q.S.al-Mujādalah /58:11 dan Q.S.ar-Rahmān /55:33 dengan tartil.
2.    Mengidentifikasi hukum bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al”Qamariyah pada Q.S. al-Mujādilah /58:11 dan Q.S.ar-Rahmān /55:33
·      Mengumpulkan dan menganalisis data
1.    Siswa mengklasifikasikan antara “Al” Syamsiyah dan “Al”Qamariyah.
2.    Menuliskan contoh yang termasuk kedalam hukum bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah.
·      Menarik simpulan
1.    Siswa mengambil kesimpulan dari hasil pengamatan, mengeai pengertian, huruf dan contoh bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah.
·      Aplikasi dan tindak lanjut
1.    Siswa mampu menerapkan dan membedakan antara pembacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah

Kegiatan Penutup (10 menit)
1.    Dibawah bimbingan guru peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran
2.    Bersama-sama melakukan repleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan
3.    Guru memberikan reward kepada kelompok terbaik yang dapat menentukan dan membacakan hukum bacaan “Al” Syamsiyah dan “Al” Qamariyah pada membaca Q.S. al-Mujādalah /58: 11 dan Q.S. ar-Rahmān /55: 33.
4.    Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan mengenai deskripsi arti dan makna kandungan ayat Q.S. al-Mujādalah /58: 11 dan Q.S. ar-Rahmān /55: 33.
5.    Bersama-sama menutup pelajaran dengan berdo’a
Pertemuan Kedua (3 JP)

Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1.      Guru membuka pelajaran dengan salam dan berdoa bersama dipipin oleh seorang peserta didik denga penuh hidmat
2.      Guru memulai pembelajaran dengan pembacaan Al-Quran surat ayat pilihan yang dipipmpin oleh salah seorang peserta didik
3.      Guru memperhatikan kesiapan peserta didik dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kehadiran, kerapihan pakaian posisi dan tempat duduk peserta didik
4.      Guru memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan secara komunikatif yang berkaitan dengan materi sebelumnya mengenai hukum bacaan “Alif Lam Qomariah dan “Alif Lam Syamsiah” dalam Q.S. al-Mujādalah /58: 11 dan Q.S. ar-Rahmān /55: 33.
5.      Guru menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
6.      Guru mengkondisikan peserta didik untuk duduk secara berkelompok
7.      Menyampaikan tahapan kegiatan yamg akan dilaksanakan dalam pembelajaran.

Kegiatan Inti (60 menit)
Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk membaca (literasi)
1.    Siswa secara berkelompok mengerjakan tugas untuk menelaah arti dan makna kandungan Q.S. al-Mujādalah /58: 11 dan Q.S. ar-Rahmān /55: 33Guru memandu tugas siswa membagi tugas peserta didik dalam kelompok. Siswa menggunakan referensi dari Al- Qur’an terjemaah dan buku siswa.
2.    Kelompok siswa yang paling cepat menyelesaikan tugasnya diminta melakukan presentasi di depan kelas. Siswa lainnya menyimak dan memberikan masukan atau tanggapan. Guru memandu jalannya presentasi dan diskusi antar siswa, melakukan konfirmasi dan menyimpulkan hasilnya.

Kegiatan Penutup (10 menit)
1.    Dibawah bimbingan guru peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran
2.    Bersama-sama melakukan repleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan
3.    Guru memberikan reward kepada kelompok terbaik yang dapat memahami arti dan makna yang dikandung Q.S. al-Mujādalah /58: 11 dan Q.S. ar-Rahmān /55: 33.
4.    Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya mengenai contoh implementasi kandungan ayat QS. al-Mujādalah /58: 11 dan Q.S. ar-Rahmān /55: 33.
5.    Guru memberikan tugas kepada siswa untuk menghafal ayat pilihan QS. al-Mujādalah /58: 11 dan Q.S. ar-Rahmān /55: 33.
6.    Bersama-sama menutup pelajaran dengan berdo’a

Pertemuan Ketiga (3 JP)
           
Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
1.    Guru membuka pelajaran dengan salam dan berdoa bersama dipipin oleh seorang peserta didik denga penuh hidmat
2.    Guru memulai pembelajaran dengan pembacaan Al-Quran surat ayat pilihan yang dipipmpin oleh salah seorang peserta didik
3.    Guru memperhatikan kesiapan peserta didik dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kehadiran, kerapihan pakaian posisi dan tempat duduk peserta didik
4.    Guru memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan secara komunikatif yang berkaitan dengan materi sebelumnya mengenai arti dan kandungan dalam Q.S. al-Mujādalah /58: 11 dan Q.S. ar-Rahmān /55: 33 .
5.    Guru menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.
6.    Guru mengkondisikan peserta didik untuk duduk secara berkelompok
7.    Menyampaikan tahapan kegiatan yamg akan dilaksanakan dalam pembelajaran.

Kegiatan Inti (100 menit)
Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk membaca (literasi)
1.    Setiap kelompok siswa dengan panduan untuk mendemontrasikan hafalan ayat pilihan QS. al-Mujādalah /58: 11 dan Q.S. ar-Rahmān /55: 33. Secara berkelompok dan dilanjutkan secara individu.
2.Setiap kelompok siswa mempresentasikan hasil analisis dan contoh prilaku semangat mencari ilmu sebagia implementasidari arti dan kandungan ayat QS. al-Mujādalah /58: 11 dan Q.S. ar-Rahmān /55: 33. Siswa lainnya menyimak serta memberikan masukan atau tanggapan. Guru memandu jalannya presentasi dan diskusi.
3.Guru melakukan konfirmasi sebagai bentuk bimbingan proyek secara klasikal serta menyimpulkan hasil diskusi.

Kegiatan Penutup (10 menit)
Dibawah bimbingan guru peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran
1.    Bersama-sama melakukan repleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan
2.    Guru memberikan reward kepada kelompok terbaik yang dapat memahami arti dan makna yang dikandung Q.S. al-Mujādalah /58: 11 dan Q.S. ar-Rahmān /55: 33.
3.    Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya mengenai contoh implementasi kandungan ayat QS. al-Mujādalah /58: 11 dan Q.S. ar-Rahmān /55: 33.
4.    Guru memberikan evaluasi sebagai konfirmasi pembelajaran.
5.    Bersama-sama menutup pelajaran dengan berdo’a











                        I.     Penilaian

1.    Teknik penilaian

a.    Sikap (spiritualdan sosial)
       
No.
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Butir Instrumen
Waktu Pelaksanaan
Keterangan
1
Observasi
Lembar Observasi
Lampiran 1

Saat pembelajaran berlangsung.
Penilaian untuk dan pencapaian pembelajaran (assessment for and of learning)
2
Penilaian diri
Lembar penilaian diri
Lampiran 2


Saat pembelajaran usai.
Penilaian sebagai pembelajaran (assessment as learning)
3
Penilaian antarteman
Lembar penilaian antarteman
Lampiran 3



Setelah pembelajaran usai.
Penilaian sebagai pembelajaran (assessment as learning)
No.
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Butir Instrumen
Waktu Pelaksanaan
Keterangan
1
Observasi
Jurnal
Lampiran 4

Saat pembelajaran berlangsung
Penilaian untuk dan pencapaian pembelajaran (assessment for and of learning)
2
Penilaian diri
Lembar penilaian diri
Lampiran 5



Saat pembelajaran usai
Penilaian sebagai pembelajaran (assessment as learning)
3
Penilaian antarteman
Lembar penilaian antarteman
Lampiran 6


Setelah pembelajaran usai
Penilaian sebagai pembelajaran (assessment as learning)


No.
Waktu
Nama
Siswa
Catatan Observasi
Butir Sikap
Tindak lanjut
1





2


·      


Dst.







b.   Pengetahuan                                  

No
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Butir Instrumen
Waktu Pelaksanaan
Ket.

Lisan
Pertanyaan (lisan) dengan jawaban terbuka
1. Siapakah yang bisa menjelaskan apa yang dimaksud dengan buah segar?
2. Siapakah yang bisa menjelaskan apa yang dimaksud dengan buah klimaterik?
3. Siapakah yang bisa menjelaskan kandungan gizi dan manfaat jambu biji?
Saat pembelajaran berlangsung
Penilaian untuk pembelajaran (assessment for learning)

Penugas-an
Pertanyaan dan/atau tugas tertulis berbentuk esei, pilihan ganda, benar-salah, menjodohkan, isian, dan/atau lainnya
Buatlah makanan dari bahan pangan buah segar!

Saat pembelajaran berlangsung
Penilaian untuk pembelajaran (assessment for learning) dan sebagai pembelajaran (assessment as learning)

Tertulis
Pertanyaan dan/atau tugas tertulis berbentuk esei, pilihan ganda, benar-salah, menjodohkan, isian, dan/atau lainnya
1. Jelaskan yang dimaksud buah segar!
2. Sebutkan 4 macam buah yang termasuk dalam golongan buah non klimaterik!
3. Jelaskan teknik memasak steaming!
Setelah pembelajaran usai
Penilaian pencapaian pembelajaran (assessment of learning)

Portofolio
Sampel pekerjaan terbaik hasil dari penugasan atau tes tertulis
Carilah resep makanan yang dibuat dari bahan pangan buah segar dari berbagai sumber, misalnya dari perpustakaan, observasi dan wawancara terhadap penjual makanan atau melalui browsing internet. Kumpulkan hasil tugas tersebut minggu depan.
Saat pembelajaran usai
Data untuk penulisan deskripsi pencapaian pengetahuan (assessment of learning)

c.    Keterampilan
                                   
No
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Butir Instrumen
Waktu Pelaksanaan
Ket.
1
Proyek
Tugas besar
Buatlah satu macam makanan dari bahan pangan buah segar!
Selama atau usai pembelajaran berlangsung
Penilaian untuk, sebagai, dan/atau pencapaian pembelajaran (assessment for, as, and of learning)
2
Porto-folio
Sampel produk terbaik dari tugas atau proyek
Buatlah laporan tentang pembuatan makanan dari bahan pangan buah yang telah kalian praktikkan!
Saat pembelajaran usai
Penilaian untuk pembelajaran dan sebagai data untuk penulisan deskripsi pencapaian keterampilan

2.         Pembelajaran Remedial

Berdasarkan hasil analisis penilaian, bagi siswa yang belum mencapai  ketuntasan belajardiberikan kegiatan pembelajaran dengan bentuk remedial, yaitu:
a.   Pembelajaran ulang, jika 50% atau lebih siswa belum mencapai ketuntasan.
b.   Pemanfaatan tutor sebaya, jika 11-49% siswa belum mencapai ketuntasan.
c.    Bimbingan perorangan, jika 1-10% siswa belum mencapai ketuntasan.

3.         Pembelajaran Pengayaan

Berdasarkan hasil analisis penilaian, bagi siswa yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberikan kegiatan pembelajaran dengan bentuk pengayaan yaitu tugas berupa proyek (merencanakan, membuat produk dan laporan) pembuatan satu macam makanan dari bahan pangan buah segar yang lain.

  Jakarta, .......................... 2016
Mengetahui
Kepala SMP




______________________________
NIP. ...

Guru Mata Pelajaran




______________________
NIP. ...






Lampiran Lembar Kerja Siswa (LKS) 1
LK-1 diberikan pada pertemuan 1
Petunjuk
1)   Bacalah BAB Vpada Buku Siswa -Pengolahan Bahan Pangan Buah Menjadi Makanan dan Minuman
2)   Diskusikan bersama dengan kelompok kalian tentang identifikasi, klasifikasi, dan kandungan gizi buah-buahan yang ada di sekitar tempat tinggal kalian.
3)   Isilah tabel berikut.




No

Buah Berdasarkan Sifat





Kandu-Ngan Gizi




Manfaat


Nama Buah

 Musim
Iklim Tempat Tumbuh
Proses
Pematangan
Musim-an
Sepanjang
tahun
Tro-pis
Sub
tropis
Klima-terik
Non
klima-
terik
1










2










3










4










5










Dst…






















Lampiran: Lembar Kerja Siswa (LKS) 2
LK-2 diberikan pada pertemuan 2
Petunjuk
1)   Bacalah BAB Vpada Buku Siswa - Pengolahan Bahan Pangan Buah menjadi Makanandan Minuman
2)   Diskusikan bersama dengan kelompok kalian tentang identifikasi, jenis, teknik pengolahan, tahapan pembuatan, penyajian dan pengemasanmakanan dari bahan pangan buah segar yang ada di sekitar tempat tinggal kalian.
3)   Isilah tabel 1, 2, dan 3.

Tabel 1: Buah segar dan makanan yang bisa dibuat darinya
No
Jenis Buah
Jenis Makanan
1


2


3
Dst…


Tabel 2: Teknik pengolahan makanan dari bahan pangan buah segar
No
Nama Teknik
Nama makanan dari bahan pangan buah segar
1


2


3
Dst…


Tabel 3: Tahapan pembuatan, penyajian, dan kemasan makanan dari bahan pangan buah segar
No
Jenis Makanan

Perencanaan
Pelaksanaan
Penyajian
Pengemasan
1
Rujak buah ulek
….

….
Alat:
….
Bahan:

Alat:
….
Bahan:
…dst
2





3
…dst…








Lampiran: Lembar Kerja Siswa (LKS) 3
LK-3 diberikan pada pertemuan 3
Petunjuk
  1. Diskusikan bersama dengan teman satu kelompok kerja kalian tentang perencanaan proyek yang akan kerjakan.
  2. Isilah LK-3 sebagai panduan perencanaan proyek yang akan dikerjakan.




Lembar  Kerja Siswa ( LK-3) Perencanaan Pembuatan …………………….
Nama Kelompok/ Kelas:…/ …
Ketua             :…
Sekretaris       :…
Bendahara     :…
Anggota         : 1….
                          2….

1.   Identifikasi Kebutuhan:

a.      Bahan:
1)     
2)     
3)      Dst.

b.      Alat:
1)     
2)     
3)      Dst.

2.   Tahapan Pembuatan Makanan ….

a.      ….
b.      ….
c.       ….

3.   Rancangan Anggaran Biaya

No
Nama Bahan
Satuan
Harga Perkiraan
Harga Sesungguhnya
Ket
1


Rp…
Rp….

2





3





Jumlah
Rp…
Rp….


4.   Pembagian Tugas Kelompok

No
Nama
Deskripsi Tugas
Keterangan
1



2



3



4







Lampiran Instrumen Penilaian

Instrumen Penilaian Sikap (spiritual dan sosial)

Petunjuk:
a.    Amatiperkembangan sikap siswa menggunakan instrumen jurnal pada setiap pertemuan.
b.    Isi jurnal dengan menuliskan sikap atau perilaku siswa yang menonjol, baik yang positif maupun yang negatif. Untuk siswa yang pernah memiliki catatan perilaku kurang baik dalam jurnal, apabila telah menunjukkan perilaku (menuju) yang diharapkan, perilaku tersebut dituliskan dalam jurnal (meskipun belum menonjol).

No.
Waktu
Nama
Siswa
Catatan Perilaku
Butir Sikap
Tanda tangan
Tindak lanjut
1






2


·      



Dst.
















Instrumen Penilaian Pengetahuan

1.        Teknik                             : Tes Tertulis
2.        Bentuk                            : Soal Esai
3.        Kisi-kisi
No
Indikator
Jumlah
Butir Soal
Nomor Butir Soal
1.
Mendeskripskan pengertian bahan pangan buah segar
1
1
2.
Mengklasifikasi jenis bahan pangan buah berdasarkan karakteristiknya
3
2,3,4
3.
Menguraikan manfaat bahan pangan buah segar
1
5
4.
Mengidentifikasi jenis makanan dari buah segar yang terdapat di wilayah setempat
1
6
5.
Menguraikan teknik pengolahan bahan pangan dari buah segar
 yang ada di wilayah setempat
1
7
6.
Menguraikan tahapan pengolahan bahan pangan dari buah
segar yang ada di wilayah setempat
1
8
7.
Mendeskripsikan pengemasan dan penyajian makanan dari
buah segar yang ada di wilayah setempat
1
9
8.
Menjelaskan prinsip sanitasi dan hiegine dalam pembuatan
makanan dan minuman  segar  dari buah
1
10
JUMLAH
10

4.    Soal Tes Uraian

     Kerjakan soal berikut dengan singkat dan benar.
a.      Jelaskan yang dimaksud dengan bahan pangan buah segar!
b.      Jelaskan penggolongan buah berdasarkan musimnya!
c.       Jelaskan penggolongan buah berdasarkan iklim tempat tumbuhnya!
d.     Jelaskan penggolongan buah berdasarkan proses pematangannya!
e.      Jelaskan manfaat buah jambu biji!
f.        Sebutkan 4 jenis makanan yang dapat dibuat dari bahan pangan buah segar!
g.      Jelaskan 4 teknik pengolahan bahan pangan dari buah segar!
h.      Jelaskan tahapan pengolahan bahan pangan dari buah segar menjadi rujak buah uleg  yang ada di wilayah setempat!
i.        Deskripsikan pengemasan dan penyajian  makanan dari buah segar yang ada di wilayah setempat!
j.        Jelaskan prinsip sanitasi dan hiegine dalam pembuatan makanan  dari buah segar!

5.    Kunci jawaban
a.      Secara harfiah pengertian dari buah segar adalah bahan pangan yang tidak memerlukan pengolahan sudah dapat dikonsumsi secara langsung. Buah segar dapat dimakan langsung tanpa diolah terlebih dulu, karena rasanya sudah beraneka, segar, bentuk dan warnanya menarik.
b.      Penggolongan buah berdasarkan musimnya yang hanya ada di waktu musim tertentu. Pada suatu saat berbuah banyak dan pada saat lain tidak berbuah sama sekali. Contohnya adalah buah durian, mangga, kedondong, duku, dan rambutan.
c.       Penggolongan buah berdasarkan iklim tempat tumbuhnya
1)   Buah tropis, buah-buahan dari tanaman yang tumbuh di iklim panas atau tropis dengan suhu udara sekitar 25°C atau lebih. Contohnya pisang, pepaya, nanas, mangga, rambutan, dan durian.
2)   Buah subtropis, buah dari tanaman yang tumbuh di iklim sedang atau di daerah yang mempunyai suhu udara maksimum 22°C. Contohnya apel, jeruk, stroberi, anggur, dan sebagainya.
d.    Penggolongan buah berdasarkan proses pematangannya
1)   Buah klimaterik ditandai dengan perubahan warna, tekstur dan bau buah. Contohnya pisang, mangga, pepaya, jambu biji, apel dan sebagainya.
2)   Buah non klimaterik, yaitu buah yang setelah dipanen tidak akan mengalami proses pematangan tetapi langsung ke arah pembusukan. Contohnya semangka, anggur, jambu air, dan nanas.
e.      Manfaat buah jambu biji adalah:
1)   Buah jambu biji memiliki kandungan senyawa antioksidan yang sangat tinggi yang dihasilkan oleh kandungan vitamin C, kandungan vitamin C sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk pembentukan sintesis kolagen di dalam tubuh. Kolagen merupakan protein yang di butuhkan oleh tubuh dalam menjaga integritas pada pembuluh darah, kulit, tulang dan organ tubuh lainnya.
2)   Buah jambu biji juga sangat berkhasiat dalam menjaga kesehatan pencernaan, karena di dalam buah jambu biji mengandung serat alami yang sangat bermanfaat dalam melancarkan system pencernaan seperti susah BAB, sembelit serta membuang zat-zat berbahaya di dalam usus.
3)   Buah jambu biji juga kaya akan vitamin B kompleks, sehingga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh.
4)   Selain itu, buah jambu biji juga sangat berkhasiat dalam menurunkan tekanan darah tinggi, karena di dalam buah jambu biji terdapat kandungan kalium yang mampu menstabilkan tekanan darah.
f.        4 jenis makanan yang dapat dibuat dari bahan pangan buah segar
1)    Manisan buah
2)    Puding buah
3)    Keripik buah
4)    Rujak buah
g.      4 teknik pengolahan bahan pangan dari buah segar
1)    Direbus
2)    Digoreng
3)    Dipanggang
4)    Dikukus
h.      Tahapan pengolahan bahan pangan dari buah segar yang ada di wilayah setempat
Pembuatan rujak buah uleg meliputi :
1)   Persiapan pengolahan (alat dan bahan)
2)   Membersihkan buah dengan cara pengupasan dan pencucian
3)   Pembuatan bumbu
4)   Pemotongan buah
5)   Pencampuran potongan buah dan bumbu
6)   Penyajian
7)   Pengemasan dan penyajian  makanan dari buah segar yang ada di wilayah setempat
i.     Pengemasan dan penyajian makanan dari buah segar menggunakan bahan pengemas yang aman dan menarik.
j.Prinsip sanitasi dan higine dalam pembuatan makanan dari buah segar meliputi:
1)      Sanitasi dan higiene perorangan
2)      Sanitasi dan higiene alat dan bahan
3)      Sanitasi dan higiene proses pengolahan
4)      Sanitasi dan higiene lingkungan

6.      Rubrik Penilaian

No. Soal
Deskriptor

Skor

1
Jika jawaban lengkap:
Secara harfiah pengertian dari buah segar adalah bahan pangan yang tidak memerlukan pengolahan sudah dapat dikonsumsi secara langsung. Buah segar dapat dimakan langsung tanpa diolah terlebih dulu, karena rasanya sudah beraneka, segar, bentuk dan warnanya menarik.
Skor 10
Jika jawaban kurang lengkap:
Buah segar dapat dimakan langsung tanpa diolah terlebih dulu, karena rasanya sudah segar
Skor 7,5
Jika jawaban kurang lengkap:
Secara harfiah pengertian dari buah segar adalah bahan pangan yang tidak memerlukan pengolahan
Skor 5,0
Jika jawaban kurang lengkap:
Buah segar adalah bahan pangan yang bisa dimakan
Skor 2,5
Jika tidak menjawab
Skor 0
2
Jika jawaban lengkap
Penggolongan buah berdasarkan musimnya yang hanya ada di waktu musim tertentu. Pada suatu saat berbuah banyak dan pada saat lain tidak berbuah sama sekali. Contohnya buah durian, mangga, kedondong, duku, dan rambutan.

Skor 10
Jika jawaban kurang lengkap
Penggolongan buah berdasarkan musimnya yang hanya ada di waktu musim tertentu. Contoh:  buah durian, mangga, kedondong, duku, dan rambutan.
Skor 7,5
Jika jawaban kurang lengkap
Pada musimnya berbuah banyak dan pada saat lain tidak berbuah sama sekali. Contohnya buah durian, mangga, kedondong, duku, dan rambutan.
Skor 5,0
Jika jawaban kurang lengkap
Buah yang hanya ditemukan saat tertentu. Contoh:  buah durian, mangga, kedondong, duku, dan rambutan.
Skor 2,5
Jika tidak menjawab
Skor 0



3
Jika jawaban lengkap
Penggolongan buah berdasarkan iklim tempat tumbuhnya
a.       Buah tropis, buah-buahan dari tanaman yang tumbuh di iklim panas atau tropis dengan suhu udara sekitar 25°C atau lebih. Contohnya pisang, pepaya, nanas, mangga, rambutan, dan durian.
b.       Buah subtropis, buah dari tanaman yang tumbuh di iklim sedang atau di daerah yang mempunyai suhu udara maksimum 22°C. Contohnya apel, jeruk, stroberi, anggur, dan sebagainya.
Skor 10
Jika jawaban kurang lengkap
Penggolongan buah berdasarkan iklim tempat tumbuhnya
Buah tropis, buah-buahan dari tanaman yang tumbuh di iklim panas atau tropis dengan suhu udara sekitar 25°C atau lebih. Contohnya pisang, pepaya, nanas, mangga, rambutan, dan durian.
Skor 7,5
Jika jawaban kurang lengkap
Buah subtropis, buah dari tanaman yang tumbuh di iklim sedang atau di daerah yang mempunyai suhu udara maksimum 22°C. Contohnya apel, jeruk, stroberi, anggur, dan sebagainya.
Skor 5,0
Jika jawaban kurang lengkap
Contoh apel, jeruk, stroberi, anggur, dan sebagainya.
Skor 2,5
Jika tidak menjawab
Skor 0
4
Jika jawaban lengkap:
Penggolongan buah berdasarkan proses pematangannya
a.       Buah klimaterik ditandai dengan perubahan warna, tekstur dan bau buah. Contohnya pisang, mangga, pepaya, jambu biji, apel dan sebagainya.
b.       Buah non klimaterik, yaitu buah yang setelah dipanen tidak akan mengalami proses pematangan tetapi langsung ke arah pembusukan. Contohnya semangka, anggur, jambu air, dan nanas.
Skor 10
Jika jawaban lengkap:
Penggolongan buah berdasarkan proses pematangannya
Buah klimaterik ditandai dengan perubahan warna, tekstur dan bau buah. Contohnya pisang, mangga, pepaya, jambu biji, apel dan sebagainya.
Skor 7,5
Jika jawaban kurang lengkap:
Buah non klimaterik, yaitu buah yang setelah dipanen tidak akan mengalami proses pematangan tetapi langsung ke arah pembusukan. Contohnya semangka, anggur, jambu air, dan nanas.
Skor 5,0
Jika jawaban kurang lengkap:
Contohnya pisang, mangga, pepaya, jambu biji, apel dan sebagainya.
Skor 2,5
Jika tidak menjawab
Skor 0
5
Jika siswa dapat menyebutkan 4manfaat jambu biji dengan benar minimal sesuai dengan kunci jawaban
a.       Buah jambu biji memiliki kandungan senyawa antioksidan yang sangat tinggi yang dihasilkan oleh kandungan vitamin C, kandungan vitamin C sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk pembentukan sintesis kolagen di dalam tubuh. Kolagen merupakan protein yang di butuhkan oleh tubuh dalam menjaga integritas pada pembuluh darah, kulit, tulang dan organ tubuh lainnya.
b.      Buah jambu biji juga sangat berkhasiat dalam menjaga kesehatan pencernaan, karena di dalam buah jambu biji mengandung serat alami yang sangat bermanfaat dalam melancarkan system pencernaan seperti susah BAB, sembelit serta membuang zat-zat berbahaya di dalam usus.
c.       Buah jambu biji juga kaya akan vitamin B kompleks, sehingga sangat bermnafaat untuk menjaga kesehatan tubuh.
d.      Selain itu, buah jambu biji juga sangat berkhasiat dalam menurunkan tekanan darah tinggi, karena di dalam buah jambu biji terdapat kandungan kalium yang mampu menstabilkan tekanan darah.
Skor 10
Jika siswa dapat menyebutkan 3manfaat jambu biji dengan benar minimal sesuai dengan kunci jawaban
Skor 7,5
Jika siswa dapat menyebutkan 2manfaat jambu biji dengan benar minimal sesuai dengan kunci jawaban
Skor 5,0
Jika siswa dapat menyebutkan 1manfaat jambu biji dengan benar minimal sesuai dengan kunci jawaban
Skor 2,5
Jika tidak menjawab
Skor 0
6
Jika siswa dapat menyebutkan 4jenis makanan yang dibuat dari bahan pangan buah segar dengan benar minimal sesuai dengan kunci jawaban
4 jenis makanan yang dapat dibuat dari bahan pangan buah segar
a.        Manisan buah
b.        Puding buah
c.         Keripik buah
d.        Rujak buah
Skor 10
Jika siswa dapat menyebutkan 3jenis makanan yang dibuat dari bahan pangan buah segar dengan benar minimal sesuai dengan kunci jawaban
Skor 7,5
Jika siswa dapat menyebutkan 2jenis makanan yang dibuat dari bahan pangan buah segar dengan benar minimal sesuai dengan kunci jawaban
Skor 5,0
Jika siswa dapat menyebutkan 1jenis makanan yang dibuat dari bahan pangan buah segar dengan benar minimal sesuai dengan kunci jawaban
Skor 2,5
Jika tidak menjawab
Skor 0
7
Jika siswa dapat menyebutkan 4teknik pengolahan buah dengan benar minimal sesuai dengan kunci jawaban
4 teknik pengolahan bahan pangan dari buah segar
a.     Direbus
b.     Digoreng
c.      Dipanggang
d.     Dikukus
Skor 10
Jika siswa dapat menyebutkan 3teknik pengolahan buah dengan benar minimal sesuai dengan kunci jawaban
Skor 7,5
Jika siswa dapat menyebutkan 2teknik pengolahan buah dengan benar minimal sesuai dengan kunci jawaban
Skor 5,0
Jika siswa dapat menyebutkan 1teknik pengolahan buah dengan benar minimal sesuai dengan kunci jawaban
Skor 2,5
Jika tidak menjawab
Skor 0
8
Jika jawaban lengkap:
Tahapan pengolahan bahan pangan dari buah segar yang ada di wilayah setempat
Pembuatan rujak buah uleg meliputi :
a.    Persiapan pengolahan (alat dan bahan)
b.    Membersihkan buah dengan cara pengupasan dan pencucian
c.    Pembuatan bumbu
d.   Pemotongan buah
e.    Pencampuran potongan buah dan bumbu
f.     Penyajian
Skor 10
Jika jawaban kurang lengkap:
Jika siswa dapat menyebutkan 3tahapan pengolahan rujak buah dengan benar minimal sesuai dengan kunci jawaban
Skor 7,5
Jika jawaban kurang lengkap:
Jika siswa dapat menyebutkan 2tahapan pengolahan rujak buah dengan benar minimal sesuai dengan kunci jawaban
Skor 5,0
Jika jawaban kurang lengkap:
Jika siswa dapat menyebutkan 1tahapan pengolahan rujak buah dengan benar minimal sesuai dengan kunci jawaban
Skor 2,5
Jika tidak menjawab
Skor 0








7.      Kriteria Penskoran
Setiap butir soal memiliki rentang skor 1-10
Total skor apabila semua jawaban benar adalah 100
Instrumen Penilaian Keterampilan
Instrumen Penilaian Proyek
Mata Pelajaran                           : Prakarya (Pengolahan)
Materi                                         : Pengolahan makanan dari buah segar
Kelas                                           : VII
Hari/Tanggal                           :                          
Nama Kelompok                      :                               
Anggota Kelompok                  :                                                                            
Lama Pengerjaan Proyek         : 5 x pertemuan       

No.
ASPEK
Bobot
SKOR (1 - 5)
1
PERENCANAAN :
a.      Kesesuaian Tema Proyek
b.     Persiapan
20%

2
PELAKSANAAN :
a.      Penyusunan rancangan penyelesaian proyek
b.     Pemilihan alat dan bahan
c.      Proses penyelesaian proyek
d.     Produk yang dihasikan
40%

3
LAPORAN PROYEK :
a.    Kesesuaian sistematika
b.   Kelengkapan data
c.    Penarikan kesimpulan
d.   Presentasi
40%

TOTAL SKOR
100%


Rubrik penskoran
Skor 1        : sangat kurang
Skor 2        : kurang
Skor 3        : cukup
Skor 4        : baik
Skor 5        : sangat baik

Nilai = skor perolehan    x 100



Belum ada Komentar untuk "Contoh RPP Kurikulum 2013 Mapel PAI SMP Lengkap Beserta Cara Penilaian.doc"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel